Bagaimana mengobati paronikia ?

K Info Penanya: K, Pria, 19 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya.. jari kelingking kaki saya ada nanah nya dan darah, kulit saya jadi ungu pucat. Nanah nya besar terus saya tusuk apa ga papa dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, K.

     Keluhan anda termasuk infeksi pada kuku yang di sebut sebagai paronikia. Paronikia adalah inflamasi atau infeksi pada jaringan lunak disekitar kuku (periungual) yang disebabkan oleh kuman (bakteri) Streptokokus.

     Secara klinis, paronikia tampak sebagai suatu kondisi yang akut ataupun kronis. Inflmasi atau infeksi yang terjadi bersifat terlokalisir dan superficial pada perioncyhium. Pada paronikia biasanya hanya satu jari kuku yang terkena, kondisi ini ditandai oleh eritema (kemerahan), edema (bengkak), rasa nyeri pada lipat kuku lateral dan proximal. Infeksi yang tidak diobati dapat berubah menjadi abses subungual dengan adanya peradangan dan nyeri pada matriks kuku. 

     Pengobatan paronychia akut ditentukan oleh tingkat peradangan. Jika abses tidak terbentuk, penggunaan kompres air hangat dan merendamkan yang terkena dalam larutan Burow (yaitu aluminum asetat) mungkin efektif. Obat penghilang nyeri atau obat anti inflammasi untuk mengurangi gejala. Kasus ringan dapat diobati dengan krim antibiotik sendiri atau dalam kombinasi dengan kortikosteroid topikal.

     Ketika terdapat abses atau fluktuasi dilakukan usahakan drainase secara spontan, atau drainase dengan intervensi bedah. Jika paronychia didiamkan, pus mungkin menyebar kebawah sulkus kuku pada daerah yang berlawanan sehingga mengakibatkan terjadinya abses disekitar kuku. Pus berakumulasi pada bawah kuku dan mengangkat lempeng kuku. Jika sudah terjadi kasus ini maka kuku harus diekstraksi untuk mendrainase pus secara adekuat

     Sebaiknya anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan, jangan menusuk sendiri area yang sakit, agar bisa di nilai sejauh mana peradangan yang terjadi pada kuku anda. Sehingga penanganan yang akan diberikan sesuai.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh K
16 May 2019, 21:02
Mksh dok?

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dermabrasi dan Mikrodermabrasi memiliki efek samping

Tertarik Melakukan Dermabrasi atau Mikrodermabrasi? Ini Risikonya

Dermabrasi dilakukan untuk memperbaiki bekas jerawat, bekas cacar dan bekas luka. Sedangkan mikrodermabrasi membuat perubahan halus pada kulit. Efek sampingnya adalah kulit kemerahan dan sensitif terhadap cahaya matahari.