Bagaimana mengobati haid yang tidak kunjung berhenti

E Info Penanya: E, Wanita, 48 Tahun
Bagaimana mengobati haid tak kunjung berhenti
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang E,

Menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari atau menstruasi yang mengeluarkan darah banyak yang ditandai dengan sering mengganti pembalut merupakan suatu menstruasi yang tidak normal dan disebut dengan menorrhagia. Kondisi menorrhagia sendiri dipicu oleh beragam penyebab seperti:

  • Gangguan hormonal
  • Adanya polip di rahim atau tumbuhnya jaringan lunak yang mudah berdarah
  • Adanya tumor jinak di rahmi
  • Efek samping penggunaan alat kontrasepsi
  • Komplikasi kehamilan
  • Penggunaan obat tertentu
  • Kondisi gangguan saluran reproduksi seperti disfungsi ovarium atau adenomyosis atau kelenjar endometrium yang terikat dengan otot uterus

Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab haid terus menerus dan diberikan penanganan lebih lanjut baik pemberian obat yang bersifat hormonal atau non hormonal untuk menghentikan perdarahan. Nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan baik wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk mencari tahu penyebabnya seperti dengan tes darah, papsmear, USG ataupun pengambilan sampel jaringan. 

Perhatikan jika timbul pusing, perdarahan banyak, pucat, pingsan atau tanda kekurangan darah segera periksakan diri pada dokter untuk segera mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.