Bagaimana mengobati cantengan yang disertai nanah ?

ST Info Penanya: ST, Pria, 19 Tahun
Dok gimana cara mengeluarin nanah yg udh ada di jempol kaki akibat cantengan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ST.

Cantengan merupakan kondisi dimana bagian sisi samping kuku tumbuh menekan jaringan lunak/kulit di sekitarnya, yang mengakibatkan nyeri, kemerahan, bengkak dan terkadang infeksi. Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki.

Kondisi seperti ini dapat sembuh namun dapat kambuh kembali. Jika anda mempunyai penyakit diabetes melitus (kencing manis) atau gangguan aliran darah pada kaki, cantengan bisa menimbulkan komplikasi.

Penyebab cantengan :
- Memakai sepatu yang terlalu sempit
- Mengguntung kuku jari kaki terlalu pendek
-Cedera/trauma
-Bentuk kuku jari kaku yang tidak biasanya

Yang dapat anda lakukan adalah jaga kebersihan jari kuku, memakai sepatu yang sesuai, gunting kuku jangan terlalu pendek, jika ada tanda infeksi seperti adanya nanah seperti yang anda keluhkan, sebaiknya segera ke dokter agar mendapat pengobatan yang sesuai. 

Selengkapnya tentang cantengan, dapat di lihat pada artikel berikut.

Semoga bermanfaat

Salam Sehat


dr.Supiah S.D Sangadji

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DN
13 Oct 2019, 08:07
Dok..minta solusiny.Singkat cerita,ibu saya terkena cantengen di ibu jari kaki.smpe berwrna biru bengkak gtu dok..di lingkaran ibu jari ny dri phak puskesmas ibu sya terkena burger gtu donk..itu gmna solusi ny dok..smpe hitam kuku ny..udh di angkat jga kuku ny dok.apa ibu kaki jari ibu sya hrus di aputasi dok..trims..

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersihkan wajah secara teratur dapat membantu mengatasi pori-pori besar pada wajah

6 Cara Mengatasi Pori-pori Besar yang Mengganggu di Wajah

Pori-pori besar adalah kondisi pori-pori kulit wajah yang tidak bisa dikecilkan, tetapi bisa disamarkan. Banyak cara untuk mengecilkan pori-pori, salah satunya dengan membersihkan wajah secara teratur agar tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori.