bagaimana menghilangkan skin tag tanpa di angkat

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 26 Tahun
Mau tanya untuk menghilangkan skin tag bgmn ya tanpa diangkat? Apakah ada obatnya?terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Mr. MJ

Skin tag sendiri merupakan penebalan lapisan luar kulit. Hingga saat ini penyebab skin tag belum dapat diketahui secara pasti. Namun kondisi skin tag lebih sering ditemukan pada obesitas, wanita hamil, dan gangguan hormonal.

Untuk skin tag tidak disarankan untuk mengangkat sendiri, karena dapat menyebabkan infeksi dan perdarahan hingga menimbulkan bekas atau scar tertentu. Sebaiknya konsultasi ke dokter untuk menghilangkan skin tag.

Cara untuk menghilangkan skin tag, di antaranya :

  1. Pembedahan. Cara pembedahan ini terbukti efektif untuk menghilangkan skin tag. Beberapa metode diantaranya adalah, bedah lokal, elektrokauterisasi, ligasi dan kryoterapi. 
  2. Non pembedahan. Terdapat beberapa herbal yg dianggap mampu mengurangi hingga menghilangkan skin tag. Diantaranya adalah cuka apel, minyak kelapa, dan lemon. Namun hingga saat ini tidak ada literatur yang dapat membuktikan efektifitasnya

Cara-cara tersebut dapat digunakan untuk menghilangkan skin tag, namun tidak menjamin kekambuhannya.

Demikian penjelasan yang diberikan.

Salam Sehat,

dr.Christine V 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita hipohidrosis hanya mengeluarkan sedikit keringat

Sulit Berkeringat Walaupun Cuaca Panas? Bisa Jadi Hipohidrosis

Hipohidrosis adalah kondisi di mana seseorang hanya mengeluarkan sedikit keringat ketika suhu di sekitar panas. Hipohidrosis merupakan kondisi lebih ringan dari anhidrosis, di mana penderitanya tidak dapat berkeringat sama sekali. Kondisi ini dapat menyebabkan kondisi heatstroke atau sengatan panas.