bagaimana menghilangkan flek hitam di wajah?

HM Info Penanya: HM, Pria
Mau tanya gimana cara menghilangkan flek hitam di wajah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi HM,

Dalam kulit manusia terdapat beberapa lapisan yakni lapisan terluar bernama epidermis dan lapisan lebih dalam bernama dermis yang didalamnya terdapat zat warna kulit yang disebut pigmen kulit. Flek hitam atau istilah medisnya ephelis adalah bintik dengan bentuk datar pada kulit yang terbentuk karena peningkatan kadar pigmen kulit yang disebabkan terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Flek ini biasanya muncul di bagian wajah, leher, dada dan lengan dengan warna yang lebih gelap dari warna kulit sekitarnya. Flek ini tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Diantara beberapa treatment dan tips untuk megurangi flek hitam yakni :

  1. Krim pemutih. krim ini digunakan untuk menyamarkan atau mampu untuk menghilagkan flek hitam.
  2. Terapi laser. terapi ini dilakukan dengan memberikan gelombang cahaya langsung ke kulit yang terpapar flek hitam. terapi ini diklaim sebagai terapi paling aman dan paling ampuh saat ini. 
  3. Krim retinoid atau krim yang mengandung vitamin A. Krim ini bisa digunakan bersama krim pemutih dan kombinasi keduanya diklaim bisa mempercepat memudarkan flek hitam.
  4. Menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan radiasi UV serta mengurangi aktivitas di luar ruangan di saat radiasi sinar UV masih tinggi yakni kisaran jam 9 pagi hingga jam 4 sore.
  5. Gunakanlah pelindung seperti pakaian lengan panjang, celana panjang maupun topi saat beraktivitas di luar ruangan.

Pemakaian treatment bisa menimbulkan beberapa resiko kulit yakni gatal, kemerahan, kulit melepuh, hipopigmentasi dan pendarahan sehingga hendaknya Anda konsultasikan dengan dokter spesialis kulit secara lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memerahkan bibir tidaklah sulit, termasuk menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur

Aneka Cara Memerahkan Bibir yang Menghitam dengan Mudah

Bibir menghitam tentu bikin tak pede. Beruntung, ada cara memerahkan bibir yang menghitam dengan bahan yang mudah dicari, termasuk dengan kunyit dan jeruk nipis.