Bagaimana mengendalikan emosi menjelang haid?

II Info Penanya: II, Wanita, 49 Tahun
Dok, bagaimana mengendalikan emosi disaat menjelang haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi II,

Premenstrual Syndrome (PMS) adalah gejala-gejala yang muncul baik gejala fisik maupun psikologis dan dirasakan setiap wanita menjelang menstruasi akibat perubahan hormon yang ada di dalam tubuh.

Gejala-gejala PMS yang muncul bisa berupa :
  1. Mudah marah.
  2. Lebih sensitif sehingga mudah menangis akan hal-hal sepele.
  3. Perut terasa kembung dan kram.
  4. Payudara terasa lebih besar dan nyeri ketika disentuh.
  5. Berat badan meningkat.
  6. Mudah lapar.

Karena gejala-gejala ini akan selalu muncul menjelang menstruasi, maka cara mengatasinya adalah dengan mencatat siklus menstruasi, untuk mengetahui kapan masa PMS nya, sehingga baik diri sendiri maupun orang lain dapat lebih memahami kondisi Anda.

Selain itu untuk mengatasi keluhan-keluhan PMS yang muncul Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini :
  1. Olahraga secara rutin, untuk melancarkan aliran darah dan melepas hormon endorfin sehingga tidak mudah marah.
  2. Perbanyak konsumsi gandum dan kacang-kacangan.
  3. Hindari minum minuman berkafein dan alkohol.
  4. Hindari makanan berlemak dan terlalu manis.
  5. Makan dengan porsi kecil namun sering.
  6. Lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk menstabilkan emosi.

Bila keluhan PMS yang Anda rasakan sangat berlebihan, maka segera lakukan konsultasi ke dokter untuk penangana lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tips aman berkendara saat mudik adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk memulai perjalanan

Ini Dia, 6 Tips Aman Berkendara Agar Tidak Lelah Saat Mudik Tiba!

Tips aman berkendara adalah dengan tidur cukup sebelum memulai perjalanan mudik Anda. Namun, tidur cukup tidak hanya menjadi satu-satunya tips aman berkendara saat mudik. Kenali juga tanda tanda sergapan rasa lelah seperti melamun, sering menguap, dan menggosok mata.