09 Nov 2021, 17:50Perut

Bagaimana mengatur pola makan penderita asam lambung / maag yang mudah lapar?

N2
Info Penanya: N20
Dok saya dinyatakan maag dan disuruh atur pola makan. tapi kesulitan karena mudah sekali lapar dan itu membuat saya takut asam lambung naik dan langsung makan setiap lapar. Namun rasa lapar ini biasanya timbul setiap setengah-1 jam sedangkan jika tidak diisi makanan ulu hati seperti nyeri dan saya takut asam lambung naik ke atas krn perasaan saya seperti asam lambung naik jika tidak diisi. Bagaimana mengatur dan memindah pola makan? Apa setiap lapar harus makan?
110 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Mudah lapar adalah salah satu tanda gangguan lambung yang mengiritasi lambung sehingga menimbulkan rasa lapar dan mual untuk memberikan sinyal agar Anda segera mengisi perut Anda. Sebenarnya selain karena asam lambung, mudah lapar juga bisa muncul pada penderita diabetes dengan ciri lain yaitu mudah merasa haus, dan juga sering kencing (polidipsi, poliuri, polifagi).

Mengatasi asam lambung

Untuk mengatasi mudah lapar karena asam lambung, atur pola hidup mulai dari menjaga pola makan dalam porsi kecil tapi lebih sering, misalnya makan setiap 3-4 jam sekali dengan sepertiga porsi normal Anda atau untuk cemilan boleh konsumsi biskuit susu atau sereal. Lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam bila keluhan ini semakin memburuk atau tidak membaik dalam waktu 5hari, dokter akan menyarankan untuk tindakan endoscopy untuk memfoto kondisi lambung Anda.Sementara tetap terapkan pantangan lambung yaitu :
  • Hindari makanan yang pedas, dan asam
  • Hindari minuman kopi, soda, dan alkohol.
  • Hindari stres
  • Atur pola tidur dan lakukan olahraga ringan secara rutin.
  • Selalu sediakan obat lambung untuk dikonsumsi jika keluhan kambuh
Baca juga forum terkait asam lambung:Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
asam lambungmaagdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil