Bagaimana mengatasi stress ?

DS Info Penanya: DS, Pria, 19 Tahun
Teman saya si Haikal katanya (mancam stres berat tapi gk pala berat masih bisa di angkat)apa kira" obatnya tu dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

selamat pagi, DS.

Stres merupakan respons, stimulus dan interaksi fisiologik, psikologik dan perilaku dari seseorang individu dalam menyesuaikan diri dan menyelesaikan tekanan–tekanan atau beban, baik yang datang dari dalam dirinya maupun dari luar atau lingkungan sekitarnya.

Gangguan jiwa yang terkait stres ada tiga macam, yaitu :
1. Reaksi Stres Akut
2. Gangguan Stres Paska Trauma
3. Gangguan Penyesuaian

Untuk menegakkan ketiga gangguan tersebut diatas, harus memenuhi kriteria tertentu. Sebaiknya teman anda dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Harus dipastikan apakah benar keluhan yang dirasakan terkait dengan psikisnya atau ada kondisi medis lain yang menyertai.

Jika oleh dokter dinyatakan suatu gangguan stress, secara umum terapi yang diberikan seperti :

  1. Obat-obatan seperti obat anti cemas, antidepresan
  2. Psikoterapi antara lain :
    a) Pendekatan perilaku
    Pendekatan perilaku dilakukan dengan mengubah perilaku yang menimbulkan stress akut, toleransi atau adaptabilitas terhadap stress akut yang dialami, menyeimbangkan antara aktivitas fisik dan nutrisi, serta manajemen perencanaan, organisasi dan waktu.
    b) Pendekatan Kognitif
    Pendekatan kognitif merupakan pendekatan yang bertujuan untuk mengubah pola pikir individu agar berpikir positif dan sikap yang positif, membekali diri dengan pengetahuan tentang stres, serta menyeimbangkan antara aktivitas otak kiri dan kanan. Pendekatan kognitif bisa juga dilakukan dengan menggunakan metode hipnoterapi.
    c) Metode Coping Stres Menggunakan Teknik Relaksasi
    Relaksasi dilakukan dengan tujuan untuk melepaskan semua ketegangan-ketegangan yang selama ini dialami oleh individu. Relaksasi yang dilakukan bisa berupa relaksasi otot-otot, relaksasi kesadaran indra dan relaksasi pikiran-pikiran.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan otot keseleo dan leher kaku

Leher kaku dan Tegang, Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?

Leher kaku biasanya diiringi dengan rasa nyeri saat bangun pagi atau seusai bekerja di depan layar komputer. Penyebab leher kaku beragam, mulai dari yang ringan, seperti keseleo, sampai yang serius, berupa meningitis.