Bagaimana mengatasi rasa panas di ulu hati sampai tenggorokan?

DL Info Penanya: DL, Pria
Selamat pagi. Sejak pekan lalu, saya memiliki keluhan berupa panas yang terasa dari ulu hati sampai tenggorokan. Padahal tidak ada konsumsi makanan/minuman yang aneh-aneh---normal saja. Ini apa, karena apa, dan bagaimana mengatasinya ya, Dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DL,

Rasa tidak nyaman di ulu hati adalah keluhan yang bisa timbul akibat beberapa gangguan kesehatan seperti penyakit asam lambung, penyakit maag, gangguan pada organ lain disekitar ulu hati seperti pankreas, kandung empedu, ataupun akibat gangguan jantung dan saluran pernapasan selain itu juga bisa dipengaruhi faktor psikologis.

Untuk itu perlu diperhatikan apa yang menjadi pemicunya dan dihindari. Dapat juga mencegahnya dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, berlemak, berminyak ataupun minuman berkafein. Hindari merebahkan diri ataupun tiduran beberapa saat setelah makan agar asam lambung tidak naik. Dapat juga mengonsumsi antasida sebelum makan untuk mengurangi gejala.

Jika keluhan tidak juga membaik, periksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa sakit pada bagian atas kiri perut hingga nyeri ulu hati bisa menjadi ciri-ciri sakit maag atau gastritis

Nyeri di Ulu Hati, Apakah Ciri-Ciri Sakit Maag?

Sakit maag atau gastritis adalah peradangan dan iritasi di tukak lambung. Sakit maag sangat umum dialami banyak orang yang disebabkan oleh pola makan tidak teratur, stres, kafein berlebih, konsumsi alkohol.