13 Jun 2020, 14:04Kandungan

Bagaimana mengatasi perut kencang saat hamil besar?

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 1 Tahun
Dok.. saya lagi hamil 34 minggu. Perut saya kadang suka kencang, tapi ga ada darah dan ga keluar cairan. Itu kenapa ya? Dan cara mengatasinya gimana?
14714 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Ester Agustina
(0)
Selamat sore, S.Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perut kencang saat hamil merupakan suatu kondisi yang wajar terjadi pada setiap ibu hamil. Terkadang kondisi ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari para ibu hamil dan terkadang muncul rasa khawatir. 

Penyebab perut kencang pada ibu hamil

Ada beberapa kondisi penyebab perut kencang pada ibu hamil, yaitu:
  • Perkembangan janin.
  • Adanya kembung dan gas di dalam perut.
  • Keguguran
  • Kontraksi palsu.
  • Irritable uterus. 
  • Gangguan pada saluran cerna. 
Terkait kondisi Anda ini, kemungkinan penyebabnya adalah salah satu kondisi diatas. Yang paling memungkinkan adalah kontraksi palsu. Kontraksi palsu wajar dialami oleh ibu hamil. Yang terpenting, Anda harus memperhatikan waktunya. Umumnya kontraksi palsu hanya berlangsung sekitar 30 detik dan tidak lebih dari 2 kali dalam 1 jam. Lalu, frekuensinya hanya beberapa kali saja dalam sehari.Jika Anda mengalami perut kencang secara terus menerus dan berlangsung lebih dari 1 menit, sebaiknya segera periksa ke dokter kandunga karena dikhawatirkan itu tanda-tanda kontraksi lahiran. Untuk saat ini, yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi perut kencang tersebut yaitu dengan istirahat yang cukup, jangan kecapekan, minum air hangat yang banyak, kompres perut dengan air hangat, dan atur napas dengan baik. Salam sehat,dr. Ester
menjaga kehamilanhamilkehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil