Bagaimana mengatasi penyebab haid tidak berhenti?

SN Info Penanya: SN, Wanita, 21 Tahun
Assalamu'alaikumMaaf dok saya mau tanya. Saya kan pasca melahirkan ikutan KB suntik dok. Terus saya haid. Tapi udah sebulan haid nya belum juga berhenti?? Saya udh minta obat ke bidan, tapi masih saja ada dok obat nya juga habis. Haid berhenti tuh karna minum obat, kalo ga minum ya ada lagi? Saya bingung dok. Apalagi saya sedang menyusui. Kalo minum2an obat takutnya ngaruh ke ASI nya. Barangkali dokter ada saran buat saya. Mohon bantuannya? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SN,

Perdarahan yang tidak berhenti selama 1 bulan adalah gejala yang dapat dikategorikan pada menorrhagia. Dimana normalnya perdarahan menstruasi hanya terjadi selama 3 sampai 7 hari saja.

Penyebab menorrhagia sendiri adalah:

  • Efek penggunaan alat kontrasepsi
  • Hormon yang tidak seimbang
  • Gangguan pada indung telur
  • Adanya jaringan yang abnormal seperti tumor atau polip
  • Efek obat tertentu
  • Adanya kelainan darah, gangguan hati atau ginjal

Untuk itu baiknya diperiksakan secara langsung pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan beberapa tes seperti tes darah, papsmear, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan untuk memastikan penyebabnya. Nantinya penanganan haid berkepanjangan juga bisa dilakukan dengan mengganti metode KB, pemberian obat yang bersifat hormonal atau obat anti perdarahan non hormonal untuk mengatasi keluhan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

SN
25 Oct 2019, 12:28
Juga dok. Gimana solusi nya
SN
25 Oct 2019, 12:35
Kalo misalnya minum obat baiknya minum obat apa dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.