10 Dec 2019, 14:25Saraf

Bagaimana mengatasi penyakit stroke ?

MA
Info Penanya: MA0
Bagaimana cara mengatasi sakit strok.Nenek sy umur 90 th,sdh 6 bln ini mnderita strok,lumpuh dn tdk bsa bicara.Mkcihhh
24898 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, MA.Terimakasih atas pertanyaan Anda.Stroke adalah keadaan gangguan suplai darah ke otak yang serius dan dapat menyebabkan sel-sel otak mati karena kekurangan oksigen. Seiring dengan kematian sel-sel otak tersebut, kemampuan tubuh yang meliputi kontrol terhadap otot, memori dan lain-lainya menjadi terganggu hingga menghilang. Derajat keparahan efek yang ditimbulkan tergantung pada seberapa luas kerusakan dan bagian yang terkena. Hal tersebut, akan berhubungan dengan fungsi tubuh mana yang menghilang, seperti lemah pada bagian tubuh tertentu, berkurang hingga hilangnya kemampuan berbicara, kemampuan mengingat dan sebagainya. Kerusakan sel otak yang terjadi pada penyakit stroke yang telah melewati golden periodnya bersifat permanen, karena sel saraf-saraf otak yang telah mati tidak dapat beregenerasi dan memperbaki diri. Maka terapi yang diberikan bagi penderita pasca serangan stroke adalah perawatan rehabilitasi untuk mencegah kerusakan otak lebih jauh dan memaksimalkan fungsi otak yang masih ada.

Terkait dengan pertanyaan Anda dan keadaan pada Nenek Anda, berikut beberapa pilihan terapi yang dapat dijalani pasca serangan stroke :

  • Terapi fisik seperti 
    • Latihan kemampuan motorik untuk memaksimalkan kekuatan otot dan koordinasi
    • Latihan menggerakkan tubuh dengan bantuan alat 
    • Terapi paksaan untuk memaksimalkan anggota tubuh yang terkena dampak serangan stroke
    • Terapi rentang gerak dengan latihan pergerakan yang dapat meringankan ketegangan otot
  • Terapi emosi dan kemampuan kognitif
    • Terapi okupasi
    • Terapi wicara
    • Latihan dan evaluasi psikologis
    • Dan jika perlu akan diberikan obat-oabatan yang bersifat membantu
Mengenai perbaikan dari gejala sisa (sekuele) stroke ini, perbaikannya dipengaruhi oleh tingkat keparahan kerusakan otak yang dialami saat serangan, masa golden periodnya terlewat atau tidak, adanya motivasi pasien dan tentunya dukungan dari keluarga. Maka sebaiknya Anda dan keluarga senantiasa mengantar dan menemani perawatan rehabilitasi untuk Nenek Anda sebagai bentuk dukungan yang dapat menumbuhkan motivasi penderita.Apabila terdapat tanda-tanda adanya serangan stroke yang berulang seperti kelemahan tubuh pada bagian lain, nyeri kepala hebat, berbicara semakin sulit, segeralah mencari pertolongan medis darurat serta dokter Spesialis Saraf.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
gejala strokemasalah sarafstroke
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil