Bagaimana mengatasi nyeri perut tiba-tiba, disertai muntah dan diare.

KK Info Penanya: KK, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, kenapa perut saya tiba2 sakit, kram, mual juga muntah? Setelah itu saya diare, dan kepala pusing. Bagaimana mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, KK

Terima kasih atas pertanyaannya.

Keluhan anda kemungkinan besar berasal dari pencernaan. Terjadi suatu iritasi di saluran cerna akibat adanya sesuatu yang dimakan / diminum yang tidak cocok dengan pencernaan anda. Sehingga memberi reaksi seperti peningkatan asam lambung dan mengakibatkan timbulnya gas diikuti dengan meningkatnya pergerakan usus anda. Awalnya dirasakan nyeri dan mual, setelah gas semakin banyak anda akan merasa kembung. Untuk mengurangi tekanan pada perut, maka anda akan muntah. Karena zat yang membuat iritasinya belum keluar maka timbul diare agar lebih cepat dikeluarkan tubuh.

Cara mengatasinya, jaga makanan dan minuman anda. Hindari makanan berminyak, bersantan dan terlalu berbumbu. Hindari minuman kopi, soda atau alkohol. Sementara makanan yang lunak agar mudah dicerna. Anda juga mencari kegiatan untuk mengurangi stres dan lebih rileks karena dapat memancing gejala pencernaan juga.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yogurt dengan kandungan probiotik merupakan salah satu cara ampuh mengatasi diare

4 Cara Mengatasi Diare yang Dapat Dilakukan di Rumah

Diare merupakan reaksi alamiah tubuh dalam melawan bakteri atau virus yang masuk ke tubuh. Akan tetapi, terkadang reaksi ini membuat kewalahan dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Diare dapat disebabkan oleh beberapa hal, tetapi penyebab paling umum adalah karena infeksi bakteri, virus, atau parasit.