Bagaimana mengatasi mata minus anak yang tinggi?

BC Info Penanya: BC, Pria, 38 Tahun
Selamat pagi Dokter!!! anak saya umur 9 tahun matanya minus 5.5 dan 9 yg saya takutkan minusnya makin tinggi dan terjadi pelepasan retina, menurut dokter lebih baik bagaimana..sudah konsul sama dokter mata hanya pemberian kacamata saja. adakah solusi lain sprti tindakan operasi lasik sedangkan lasik hanya untuk umur 18 tahun keatas. makasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore BC, 

Penyebab mata minus tinggi pada anak adalah karena gangguan pada organ refraksi yang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor genetik yang mempengaruhi bentuk anatomi organ refraksi, pengaruh kebiasaan seperti penggunaan gadget, menonton televisi atau penggunaan layar komputer, kebiasaan beraktivitas di ruang yang penerangannya kurang optimal, dan beragam faktor lain.

Karena usia anak masih dalam masa pertumbuhan maka organ-organ tubuh juga akan ikut bertumbuh untuk itu mata minus juga bisa bertambah atau berkurang. Untuk saat ini tidak ada penanganan lain selain koreksi menggunakan kacamata atau penggunaan lensa kontak, saat ini juga ada lensa kontak khusus yang bisa digunakan di malam hari. Perlu juga membatasi faktor yang bisa memicu penambahan minus seperti membatasi penggunaan gadget, mengupayakan anak agar beraktivitas dengan penerangan yang cukup, dan lakukan pemantauan berkala untuk menilai tajam penglihatan anak pada dokter mata setidaknya minimal 1 tahun sekali atau jika kacamata dirasa tidak lagi nyaman.

Nantinya saat berusia 18 tahun dapat dipertimbangkan untuk penanganan seperti operasi LASIK atau LASEK untuk memperbaiki tajam penglihatan. Semoga bermanfaat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

BC
04 Nov 2019, 08:55
terima kasih dok. dengan jawabanya..