Bentol digaruk, lalu jadi berair

D9 Info Penanya: D9, Wanita, 1 Tahun
Aslamualikum dok.. Saya ada luka di tangan dok awalnya kaya bentol trus saya garuk smpe lecet skrng malah mlebar dok dan susah kering..kalo abis kena air sekeliling luka mengeluarkan cairan trus.Tidak mrasa sakit atau gatel hanya saja saya mrasa trgaggu karna hampir sbulan gak sembuh2
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DS.

Bentol yang berair dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, misalnya dermatitis (peradangan pada kulit), gigitan serangga, infeksi bakteri, maupun varicella. Apabila mengalami bentol atau gangguan kulit lainnya, salah satu hal yang dianjurkan adalah tidak menggaruk. Pasalnya, menggaruk dapat memicu terjadinya infeksi lanjutan, karena garukan bisa saja memicu rusaknya lapisan terluar pada kulit.

Apabila sudah terlanjur digaruk dan menjadi luka berair, kemungkinan sudah terjadi infeksi. Hal ini menyebabkan gangguan kulit tersebut akan lebih lama sembuh. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggaruk lagi atau memberikan bahan-bahan yang belum teruji kepada luka berair tersebut.

Disarankan agar Anda segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin, agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Nantinya, Anda akan diberikan obat-obatan yang dibutuhkan, misalnya salep antiradang atau antibiotik.

Ke depannya, apabila mengalami gangguan pada kulit, Anda dapat mengoleskan bedak salisil apabila merasa gatal. Atau, Anda juga dapat mengonsumsi obat antihistamin yang dijual bebas seperti chlorpheniramine maleate. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

cara memutihkan kulit yang aman

Dua Cara Memutihkan Kulit yang Aman dan Efektif Menurut Dermatolog

Ada dua cara memutihkan kulit tubuh dari tangan sampai kaki yang direkomendasikan dokter. Namun, kenali juga risiko yang menyertainya.