Bagaimana mengatasi kulit wajah merah akibat efek pemakaian salep hodrokuinon ?

A Info Penanya: A, Wanita, 23 Tahun
siang dok saya mau nanya saya kan lagi mau ngilangin jerawat saya pake salep hydroquinnone sudah 2 hari kulit saya memerah cara menghilangkan nya gimana ya dok? apa saya harus ke dokter apakah ada salep yg cocok buat kulit saya? terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Hidrokuinon merupakan salah satu obat yang sering digunakan dalam perawatan kulit. Namun penggunaan berulang atau jangka panjang dapat menyebabkan dermatitis. Konsentrasi hidrokuinon sampai 3% yang terkandung pada krim, lotion atau salep, yang digunakan sebagai sediaan depigmentasi/kulit dengan perubahan warna kulit, dapat menyebabkan iritasi ringan, luka bakar, rasa menyengat, dan eritema/kemerahan. Konsentrasi yang lebih tinggi dapat menyebabkan reaksi inflamasi yang lebih berat, kekeringan, kulit pecah-pecah dan ruam. 

Sebaiknya anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin, agar diperiksa secara langsung sehingga mendapatkan terapi yang sesuai.

Beberapa tips yang dapat dilakukan :

- Berhenti menggunakan salep tersebut

- Jaga kebersihan kulit wajah

- Gunakan produk wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda/tidak mengiritasi wajah.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dermabrasi dan Mikrodermabrasi memiliki efek samping

Tertarik Melakukan Dermabrasi atau Mikrodermabrasi? Ini Risikonya

Dermabrasi dilakukan untuk memperbaiki bekas jerawat, bekas cacar dan bekas luka. Sedangkan mikrodermabrasi membuat perubahan halus pada kulit. Efek sampingnya adalah kulit kemerahan dan sensitif terhadap cahaya matahari.