Bagaimana mengatasi kulit kepala kering, gatal dan seperti berketombe ?

AS Info Penanya: AS, Pria, 38 Tahun
Dok kulit kepala kering dan gatal seperti kemerahan dan iritasi. Padahal hampir tiap hari keramas. Kadang timbul kerak pada kulit seperti ketombe yg tidak habis2. Obat apakah yg cocok untuk iritasi kulit kepala. Saya pernah pake sampo khusus ketombe tp tidak hilang juga. Mohon jawaban dari dokter terima kasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Kulit kepala merupakan bagian tubuh yang juga dapat mengalami gangguan. Walaupun kerap kali dianggap tidak terlalu serius, gangguan pada kulit kepala umumnya membutuhkan waktu yang agak lama dalam penyembuhannya.

Berikut beberapa gangguan pada kulit kepala yang dapat terjadi :

Terkait dengan keluhan Anda, kulit kepala yang kering, gatal dan kemerahan disertai kerak seperti ketombe dapat merupakan gejala dari dermatitis seboroik, namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, dermatitis seboroik umumnya dapat dibantu oleh shampo yang mengandung :
  • Selenium sulfide
  • Pyrithione zinc
  • Asam salisilat
  • Ketoconazole
  • Coal tar

Karena Anda telah mencoba berbagai macam shampo ketombe dan tidak kunjung membaik, sebaiknya diperiksakan ke dokter Spesialis Kulit, apabila memang kelainan yang Anda alami adalah dermatitis seboroik, maka dokter dapat memberikan obat-obatan yang diaplikasikan pada kulit kepala serta barries-repair cream untuk memeparbaiki kondisi kulit kepala Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa menggunakan cuka apel untuk menghilangkan ketombe secara permanen.

Lakukan Ini dan Ucapkan Selamat Tinggal pada Ketombe

Meskipun bukan penyakit menular, ketombe bisa sangat mengganggu. Namun jangan khawatir, karena ada berbagai cara mengatasi ketombe secara permanen.Ketombe ditandai dengan munculnya serpihan berwarna putih yang berasal dari kulit kepala dan disertai rasa gatal. Persoalan ketombe diderita oleh hampir 50% dari populasi di seluruh dunia. Untuk menghilangkan ketombe, bahan-bahan alami seperti lidah buaya, cuka apel dan lainnya dapat dimanfaatkan.