Bagaimana mengatasi keringat berlebih dengan riwayat diabetes ?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 54 Tahun
Semangat malam dokter ...Kenapa keringat saya over ya dokter.Saya olahraga banyak minum dan agak overweight.Saat berkendara spd motor sangat terganggu dengan keringat yg masuk dlm mata..oh ya saya penderita diabetesSarannya apa dok .. ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, FA.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keringat berlebih merupakan keadaan yang disebut dengan hiperhidrosis. Dimana orang dengan keadaan tersebut memiliki kelenjar keringat yang terlalu aktif. Menurut penyebabnya hiperhidrosis terbagi menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Hiperhidrosis primer hingga saat ini belum diketahui penyebabnya dengan jelas, sedangkan hiperhidrosis sekunder diakibatkan oleh kondisi medis lain.

Mengenai keluhan keringat berlebih pada Anda, yang disertai adanya riwayat penyakit diabetes dan kadaan overweight, dapat mengarah pada hiperhidrosis sekunder. Namun untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda secara akurat Anda dapat berkonsultasi langsung kepada dokter, sehingga penanganan yang Anda dapatkanpun tepat dan disesuaikan dengan penyebabnya.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tak hanya telapak tangan berkeringat, hiperhidrosis juga bisa menyebabkan keringat berlebih pada ketiak maupun telapak kaki

Telapak tangan Berkeringat, Benarkah Pertanda Gangguan Kesehatan?

Telapak tangan berkeringat seringkali membuat salah tingkah ketika harus bersalaman dengan orang lain. Kondisi ini juga bisa membuat cemas karena sering dikatakan sebagai gejala sakit jantung. Benarkah demikian?