Bagaimana mengatasi keputihan berlebih seperti susu?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 30 Tahun
Assalamualikum.. selamat pagi dok. Sy wanita berusia 34th sy mau nanya dok, sy mengalami keputihan yg berlebihan keluar gumpalan putih susu disertai rasa gatal dan perih di vagina. Udah banyak obat yg sy minum tp setela beberapa hari kembali lg keputihan nya. Mohon jawaban nya dok terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selama sore AS,

Keputihan berwarna putih susu adalah pertanda keputihan yang tidak normal. Keputihan tidak normal sendiri dapat disebabkan oleh infeksi jamur, infeksi bakteri, infeksi parasit ataupun akibat penyakit menular seksual.

Jika sudah banyak minum obat tetapi tidak tepat baik obat, dosis ataupun cara penggunaannya tentunya tidak mengatasi sampai tuntas. Untuk itu ada baiknya memeriksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya salah satunya dengan pemeriksaan sampel cairan keputihan atau pemeriksaan papsmear sebelum diberikan obat yang tepat.

Upayakan menjaga kebersihan organ kelamin dengan tidak membersihkan menggunakan sabun khusus agar tidak memicu pertumbuhan mikroorganisme lain, hindari berhubungan seksual sampai benar-benar sembuh, ganti pakaian dan pakaian dalam dengan teratur, dan hindari penggunaan pembalut dalam waktu lama atau yang mengandung parfum. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jamur mulut biasanya berwarna kemerahan dengan bagian tengah putih, mirip sariawan

Jamur Mulut dan Sariawan, Bagaimana Membedakannya?

Sariawan dan jamur mulut seringkali sulit dibedakan. Jamur di mulut bisa terjadi karena pola membersihkan area mulut yang salah.