Bagaimana mengatasi keadaan sering berkeringat di telapak tangan dan kaki ?

TY Info Penanya: TY, Pria, 27 Tahun
Selamat petang dok, saya mau tanya sering berkeringat di telapak tangan sama kaki kenapa ya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Teimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, TY.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Berkeringat merupakan hal yang wajar dialami setiap orang, pada bagian-bagian tertentu tubuh yang memiliki banyak kelenjar keringat seperti telapak tangan dan kaki serta ketiak. Namun, apabila keringat yang dikeluarkan dari bagian-bagian tubuh tersebut berlebihan dan tanpa penyebab yang jelas, bisa jadi merupakan suatu keadaan yang disebut dengan hiperhidrosis.

Penyebab dari keadaan tersebut belum diketahui dengan pasti. Penderita hiperhidrosis memilki kelenjar keringan yang terlampau aktif. Menurut asal muasal terjadinya, hiperhidrosis terbagi menjadi dua, yakni fokus primer dan fokus sekunder, dimana fokus sekunder terjadi sebagi akibat dari penyakit atau kondisi medis lain seperti kecemasan, akromegali, gangguan kontrol gula, hipertiroid, penyakit paru-paru, pengguanaan obat-obatan tertentu, penyakit jantung dan sebaginya.

Berikut tips yang dapat Anda lakukan :

  • menggunakan antiperspirant
  • jika memungkinkan jauhi pemicu keringat, memilih bahan pakain yang menyerap keringat dan tidak terlalu ketat
  • mempelajari manajemen stres untuk mengurangi salah satu pemicu keringat berlebih

Apabila keadaan ini mulai sangat mengganggu rutinitas, menyebabkan gangguan secara emosional, dan berkeringat di malam hari tanpa alsan yang jelas, sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar mendapatkan penangana yang sesuai.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AR
31 Oct 2019, 23:34
saya juga belum menemukan solusinya
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia pada bayi baru lahir dapat menyebabkan berbagai masalah

Penyakit Anemia Sel Sabit Ternyata Dapat Diturunkan pada Bayi

Beberapa penyakit dapat diturunkan oleh orangtua pada bayinya, termasuk anemia sel sabit. Anemia sel sabit membuat sel darah merah yang harusnya berbentuk bulat menjadi seperti sabit. Anemia pada bayi dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah pembengkakan di kaki dan tangan.