Bagaimana mengatasi jerawat secara alami ?

RM Info Penanya: RM, Pria, 19 Tahun
Cara alami untuk menghilangkan jerawat
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RM.

Jerawat adalah reaksi dari penyumbatan pori-pori kulit disertai peradangan yang bermuara pada saluran kelenjar minyak kulit. Sekresi minyak kulit menjadi tersumbat, membesar dan akhirnya mengering menjadi jerawat.

Penyebab jerawat sangat beragam (multifaktorial), dihubungkan dengan peningkatan produksi minyak yang berlebihan, adanya sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan bakteri pada pori-pori. Berikut beberapa penyebab jerawat, antara lain genetik, hormonal, makanan, psikis, infeksi bakteri, kosmetika, terlalu sering terpapar sinar matahari, kurang menjaga kebersihan kulit.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat :

  • Rajin membersihkan wajah untuk menghilangkan minyak berlebihan dan kotoran pada wajah, dan selalu bersihkan make up sebelum tidur
  • Jangan memencet jerawat
  • Jangan memegang wajah dengan tangan yang kotor
  • Hindari dan kelola stress
  • Tidur yang cukup 6-8 jam pada malam hari
  • Gunakan cuka apel (dapat membunuh kuman penyebab jerawat) dengan perbandingan 1:3 (1 bagian cuka: 3 bagian air). Setelah bersihkan wajah, totol pada bagian jerawat biarkan 5-20 detik, cuci dengan air dan keringkan. Ulangi 1-2 kali sehari.
  • Gunakan masker dari madu dan kayu manis. Keduanya merupakan sumber antioksidan mempunyai efek anti bakteri dan mengurangi radang. Caranya : 2 sendok makan madu dicampur dengan 1 sendok teh kayu manis. Setelah bersihkan wajah, aplikasikan masker dan biarkan 10-15 menit, cuci muka dan keringkan.
  • Totol jerawat dengan tea tree oil (mempunyai efek antibakteri dan mengurangi radang)
  • Aplikasikan green tea pada wajah. Teh hijau mempunyai antioksidan yang tinggi, mengurangi produksi sebum, mempunyai antibakteri dan antiradang. Caranya : rendam teh hijau pada air mendidih selama 3-4 menit, biarkan dingin, masukan dalam botol spray, semprotkan ke wajah, biarkan kering, cuci muka pakai air kemudian keringkan wajah.
  • Gunakan lidah buaya. Caranya : aplikasikan gel yang ada di tanaman lidah buaya ke kulit , gunakan 1-2 kali sehari

Jika keluhan tidak membaik, sebaiknya ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapat penanganan yang tepat sesuai penyebabnya.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tea tree oil beragam, mulai dari perawatan kulit sampai menjadi pembasmi serangga

Mulai dari Kulit Sampai Deodoran, Ini 16 Manfaat Tea Tree Oil

Manfaat tea tree oil yang umum diketahui orang-orang adalah untuk perawatan kulit. Namun tak hanya untuk kulit, tea tree oil juga bisa menjadi deodoran alami, pembasmi serangga, mengatasi ketombe, dan sebagainya.