Bagaimana mengatasi jerawat karena mengonsumsi steroid?

L Info Penanya: L
Saya ingin bertanya dok, bagaimana ya jerawat yang disebabkan oleh steroid bisa lekas sembuh?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Kortikosteroid adalah salah satu obat yang digunakan untuk mengatasi peradangan tetapi tidak sedikit disalah gunakan untuk menggemukan badan ataupun membesarkan badan pada beberapa orang yang ingin membentuk badannya. Tetapi efek sampingnya sangat beragam mulai dari menimbulkan bengkak di wajah dan bagian tubuh lain, peningkatan kadar gula darah, pengeroposan tulang, dan juga masalah kulit seperti jerawat.

Jika timbul efek samping demikian ada baiknya untuk memeriksakan diri pada dokter agar dilakukan penghentian penggunaan steroid secara bertahap (tappering off) karena jika tiba-tiba dihentikan bisa menimbulkan efek samping lain. Nantinya juga akan dilakukan penanganan pada jerawat baik menggunakan krim seperti mengandung benzoil peroksida, sulfur, retinoid dan lainnya ataupun juga antibiotik jika diperlukan.

Untuk itu periksakan diri pada dokter atau dokter kulit untuk mengatasi jerawat yang timbul bukan tidak mungkin juga bisa dilakukan perawatan untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat di kulit kepala muncul ketika Anda tidak membilas rambut hingga bersih sehingga masih ada sisa sampo yang tertinggal dan menyumbat pori-pori

Jerawat di Kulit Kepala? Ternyata Ini Pemicunya

Sama seperti jerawat di wajah, jerawat di kulit kepala terjadi karena ada penyumbatan pori-pori folikel rambut. Gunakan sampo antibakteri untuk membantu membasmi jerawat yang muncul di kulit kepala.