Bagaimana mengatasi hiperhidrosis ?

AC Info Penanya: AC, Pria, 19 Tahun
Hallo dok, anak sya umur 15 tahun sering mengalami keringat dingin pada telapak tangan dan kaki kira2 cara mengatasinya bagaimna?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AC.

Keringat berlebihan atau hiperhidrosis dibedakan atas primer (terjadi pada telapak kaki, tangan, wajah, kepala, ketiak) dan sekunder (seluruh tubuh). Keluhan yang anak anda rasakan bisa dikatakan sebagai hiperhidrosis primer yang umumnya disebabkan oleh kecemasan, gelisah, gugup dan stress.

Pada umumnya hiperhidrosis primer tidak mengindikasikan adanya kondisi medis yang serius atau berbahaya. Penyebab pastinya tidak diketahui. Namun jika keluhan menetap sebaiknya ke dokter secara langsung agar bisa diperiksa.

Beberapa tips untuk mengurangi keluhan, antara lain :

  • Gunakan obat antiperspirant, mengandung aluminium klorida
  • Hindari dan kelola stress
  • Jika keluhan menetap dan mengganggu sebaiknya ke dokter agar dilakukan tindakan medis seperti lantophoresis (penghambat keringat), botox dll.

Selengkapnya tentang hiperhidrosis, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pahami cara kerja dan efek samping suntik botox, sebelum Anda memilihnya

Mengetahui Cara Kerja Suntik Botox dan Efek Sampingnya

Suntik botox telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menghilangkan kerutan pada wajah. Cara kerja suntik botox adalah memblokir atau mencegah sinyal dari saraf untuk dialihkan ke otot. Efek samping botox yang dapat dirasakan adalah memar hingga penurunan kelopak mata.