Bagaimana mengatasi cantengan yang disertai nanah ?

SD Info Penanya: SD, Pria, 19 Tahun
Dok cantengan dijempol saya sering keluar nanah itu cara mengatasinya gimana ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SD.

   Cantengan merupakan kondisi dimana bagian sisi samping kuku tumbuh menekan jaringan lunak/kulit di sekitarnya, yang mengakibatkan nyeri, kemerahan, bengkak dan terkadang infeksi. Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki.

    Pengobatannya ditentukan oleh tingkat peradangan. Jika abses tidak terbentuk, penggunaan kompres air hangat dan merendamkan yang terkena dalam larutan Burow (yaitu aluminum asetat) mungkin efektif. Obat penghilang nyeri atau obat anti inflammasi untuk mengurangi gejala. Kasus ringan dapat diobati dengan krim antibiotik sendiri atau dalam kombinasi dengan kortikosteroid topikal.

    Ketika terdapat abses/nanah atau fluktuasi dilakukan usahakan drainase/dikeluarkan nanah secara spontan, atau drainase dengan intervensi bedah. Jika didiamkan, pus mungkin menyebar kebawah sulkus kuku pada daerah yang berlawanan sehingga mengakibatkan terjadinya abses disekitar kuku. Pus berakumulasi pada bawah kuku dan mengangkat lempeng kuku. Jika sudah terjadi kasus ini maka kuku harus diekstraksi untuk mendrainase pus secara adekuat.

   Sebaiknya anda ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut untuk menentukan sejauh mana tingkat peradangan pada jempol anda, agar dapat di tentukan tindakan yang tepat.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab gatal-gatal pada kulit lansia adalah infeksi parasit

Mengapa Lansia Sering Mengalami Gatal-gatal pada Kulit?

Seiring bertambahnya usia, berbagai perubahan akan terjadi di kulit. Selain keriput, gatal-gatal juga sering menyerang kulit lansia. Penyebab gatal-gatal pada kulit lansia sangat beragam, salah satunya adalah infeksi parasit.