Bagaimana mengatasi benjolan di payudara akibat ASI tidak keluar?

M Info Penanya: M
Dok, Bagaimana cara menghilangkan benjolan di dalam payu dara yang disebabkan membekunya darah yang seharusnya keluar menjadi ASi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, M

Peradangan pada payudara yang membengkak, bisa juga mengakibatkan nyeri, terasa hangat dan kemerahan. Bila sudah disertai infeksi akan menjadi demam dan meriang. Lebih sering pada wanita yang menyusui namun bisa juga pada yang tidak menyusui bahkan laki-laki.

Pada ibu yang menyusui diakibatkan oleh produksi ASI yang terganggu dan disebut stasis susu karena bayi tidak melekat dengan tepat, bayi memiliki masalah dalam mengisap payudara dan frekuensi menyusui yang jarang atau bahkan tidak sama sekali.

Faktor resiko lain adalah puting yang retak, bra terlalu ketat, stres, kelelahan dan kurang nutrisi. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan kompres basah dan dibantu pijat agar aliran susu lancar. Bila masih nyeri bisa dibantu dengan obat pengurang rasa nyeri yang dijual bebas di apotik atau toko obat. Bila masih juga terasa keluhannya, sebaiknya konsultasi langsung dengan dokter.

Baca juga artikel kami mengenai : 

Tidak Hanya Mastitis, Benjolan di Payudara juga Disebabkan oleh Berbagai Kondisi Ini

Memahami Mastisis dan Tindakan Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Segera hubungi dokter jika suhu tubuh bayi sudah mencapai di atas 37 derajat celcius

7 Penyakit Bayi yang Sering Menyerang hingga Usia Balita

Gejala lain termasuk muntah atau meludah dan gerakan mengangkat kaki ke atas atau melengkungkan punggungnya. Kadang, suara bayi terdengar serak atau bersendawa.