Apakah benjolan di leher merupakan hipotiroid?

AF Info Penanya: AF
Dok, 3 tahun ini saya menderita Hipotiroid yg cukup mengganggu. Bulan lalu benjolan di leher kiri saya bertambah dan akhirnya di biopsi di Melaka. Minggu selanjutnya di lakukan pengangkatan benjolan di leher kiri. Setahun belakangan saya merasakan muncul kembali benjolan di leher sebelah kanan saya. Itu juga setelah badan saya dikerok. Benjolan leher sebelah kanan bengkak merata biasa akibatnya jadi susah menelan. Apa anjuran dokter untuk gejala yang saya rasakan ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Hipotiroid adalah penyakit yang terjadi akibat kekurangan hormon tiroid di dalam tubuh dimana kelenjar tiroid yang berada di leher tidak dapat menghasilkan hormon T4 dan T3. Faktor resiko dari hipotiroid adalah memiliki riwayat penyakit autoimun, riwayat keluarga yang mempunyai penyakit tiroid, pernah menjalani operasi tiroid, dan pernah diobati dengan obat-obatan antitiroid. Tanda-tanda dari hipotiroid yaitu kelelahan, kulit kering, muka bengkak, suara serak, nyeri dan kaku otot, perdarahan menstruasi yang tidak teratur, rambut menipis, depresi, gangguan ingatan. Hipotiroid harus diatasi karena jika dibiarkan akan membuat pembesaran kelenjar tiroid (gondok) atau benjolan di leher, membuat menjadi lebih pelupa, dan lama dalam berpikir.

Kemungkinan benjolan di leher kanan Anda bisa disebabkan karena hipotiroid yang Anda derita. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan kembali untuk mengetahui penyebab pastinya. Pemeriksaan yang dilakukan adalah tes thyroid stimulating hormone (TSH) dan pengukuran thyroxine (T4). Atau bisa juga dengan pemeriksaan test antibodi antitiroid untuk memeriksa apakah ada penyakit autoimun Hashimoto’s thyroiditis atau tidak.

Jika penyebab benjolan di leher akibat dari hipotiroid maka pengobatannya dapat berupa terapi hormon tiroid. Terapi ini didapatkan jika Anda sudah berkonsultasi dulu sebelumnya ke dokter penyakit dalam. Atau bisa juga dengan operasi tergantung dari hasil pemeriksaan dokter. Untuk itu, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan hormon pada pria dapat menyebabkan pembengkakan payudara

Apa yang Menyebabkan Gangguan Hormon pada Pria?

Gangguan hormon pada pria memiliki berbagai penyebab dan akibat. Salah satu akibatnya adalah pembengkakan payudara atau ginekomastia.