Bagaimana mengatasi bengkak yang timbul akibat memencet komedo ?

IA Info Penanya: IA, Pria, 19 Tahun
Assalamu'alaikum dok..?Sy mau tanya bagian wajah samping hidung kiri kanan sy membengkak habis pijit komedo tadi malam apa pengaruh sy kompres air hangat pas selesai saya kasih es batu???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IA.

Komedo merupakan lesi primer dari akne vulgaris (jerawat). Akne vulgaris (AV) merupakan kelainan kulit kronik pada folikel pilosebasea dengan karakteristik terdapat komedo, papul, pustul, nodul, dan
terkadang bisa timbul jaringan parut. 

Penatalaksanaan akne vulgaris jangka panjang adalah menjaga duktus pilosebaseus tetap terbuka dan
menghindari iritasi kulit. Terapi nonfamakologis (tanpa obat-obatan) dapat berupa perawatan kulit wajah (misalnya membersihkan komedo) , memilih kosmetik yang nonkomedogenik, dan menghindari pemencetan lesi secara non-higienis. 

Jika memencet komedo dan menimbulkan reaksi peradangan ringan seperti bengkak, tanpa infeksi, keluhan tersebut bisa membaik dalam beberapa hari dengan sendirinya. Untuk mengurangi bengkaknya anda bisa kompres dingin. Namun jika terdapat infeksi dengan adanya nanah, kemerahan dan nyeri sebaiknya anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan.

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Memencet jerawat batu justru akan membuatnya semakin parah

Sudah Tahu Cara Menghilangkan Jerawat Batu yang Efektif?

Cara menghilangkan jerawat batu berbeda dengan cara menangani rosacea. Aturan utama adalah tahan diri untuk tidak memencet jerawat.