Bagaimana mengatasi batuk pilek pada bayi kurang dari enam bulan?

LS Info Penanya: LS, Pria, 19 Tahun
Pagi dokter saya inin bertanya, anak saya umur 6 bulan kurang batuk ngk sembuh2..Sudah bawa k dokter anak dan d berikan antibiotika dan racikan puyer...Obat sudah habis tapi blm sembuh jga..Apakah harus d bawa k dokter lagi??Trims
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Malam, LS.

Batuk dan pilek pada anak merupakan mekanisme pertahanan tubuh saat ada bakteri atau virus menyerang. Hal ini merupakan hal alamiah. Batuk pilek pada anak biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Lama waktu yang diperlukan untuk penyembuhan pada anak memang sedikit lebih lama, yaitu sekitar dua minggu. Namun ada kalanya terdapat kondisi dimana batuk dan pilek tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lebih lama. Jika tidak disertai demam, maka langkah oertama yang dapat dilakukan adalah mencari kemungkinan apakah pilek anak disebabkan oleh alergi. Batuk dan pilek yang disebabkan oleh virus biasanya akan hilang selama tiga sampai lima hari. Jika diketahui pemicunya adalah alergi, maka pilek bisa diatasi.

Beberapa hal selain obat-obatan yang dapat membantu meringankan batuk dan pilek pada bayi kurang dari enam bulan, yaitu:

  • Berikan ASI secara intens untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebaiknya memeberi ASI secara langsung dari payudara, bukan dari botol susu atau pipet.
  • Jemur bayi di sinar matahari sekitar pukul 07.00 – 08.00 untuk memberikan rasa hangat dan dapat mengencerkan lender dalam saluran pernapasan. Pastikan bayi tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Posisikan bayi telungkup menghadap uap air hangat sembari menepuk-nepuk lembut punggungnya. Hal ini dilakukan untuk melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat. Jangan lupa untuk hati-hati dalam melakukannya.
  • Hindari pemicu alergi.

Anda dapat membawa bayi Anda kembali untuk menemui Dokter Spesialis Anak jika terjadi:

  • Batuk dan pilek semakin parah
  • Disertai demam tinggi
  • Lebih dari dua minggu
  • Sesak napas atau terdapat bunyi “grok grok” atau “ngik ngik” saat bernapas
  • Tidak mau disusui

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penularan virus gondongan adalah berbagi alat makan

Berbagi Penggunaan Alat Makan Menjadi Penyebab Penularan Virus Gondongan

Gondongan pada anak disebabkan oleh virus gondong atau Rubalavirus. Virus tersebut yang menyebabkan kelenjar membengkak dan pipi anak terlihat membesar. Penularan virus gondongan terjadi sama seperti pilek dan flu, yaitu melalui air liur. Anak Anda juga dapat terkena gondongan apabila berbagi peralatan makan dengan orang yang terinfeksi. Jika sudah terinfeksi, anak Anda disarankan tidak pergi ke luar rumah untuk menghindari terjadinya penyebaran infeksi kepada orang lain.