17 Jun 2019, 06:27Penyakit Lainnya

Bagaimana menegakan diagnosa kanker payudara ?

NA
Info Penanya: NA, Pria, 19 Tahun
Dokter sya ingin bertanya. Saya sudah melakukan usg payudara kanan saya. Dari hasil usg: tampak lesi hipoechoic, bentuk irreguler, batas tegas, tepi angulated, wider than taller, paralel dengan kulit, ukuran +/-072×0,47×0,7 cm dengan doppler tidak tampak vascularisasi intralesi. Tidak ada internal moving echo, di jam 3-4 ; 3cm di periareola. Apa maksudnya ya dok? Apa mungkin saya terkena kanker payudara. Umur sy bru 22 tahun dan sya belum menikah, tidak ada dalam rwayat keluarga saya jg yg menderita kanker payudara.
35358 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Selamat sore, NA.Dalam menegakkan diagnosa suatu penyakit, fungsi dari laboratorium, USG, rontgen adalah sebagai pemeriksaan penunjang, tetap harus memperhatikan anamnesa (gejala dari suatu penyakit), pemeriksaan fisik (tanda suatu penyakit). Sehingga Diagnosa yang di tegakkan tepat.Perlu diketahui bahwa kebanyakan benjolan pada payudara bersifat jinak. Namun deteksi dini diperlukan agar diagnosa dan terapi diberikan seawal mungkin. Karenanya jika ditemukan adanya suatu benjolan pada payudara sebaiknya langsung ke dokter agar diperiksa secara langsung.Tentang Gejala kanker payudara sendiri pada tahap awal, biasanya penderita tidak merasakan sakit atau tidak ada keluhan sama sekali, namun ketika tumor semakin membesar, gejala-gejala dibawah ini mungkin muncul :
a. Benjolan yang tidak hilang atau permanen, biasanya tidak sakit dan terasa
keras bila disentuh atau terdapat penebalan pada kulit payudara atau di sekitar
ketiak.
b. Perubahan ukuran dan bentuk payudara.
c. Kerutan pada kulit payudara.
d. Keluarnya cairan pada payudara, umumnya berupa darah.
e. Pembengkakan atau adanya tarikan pada puting susu
Dari hasil pemeriksaan USG anda menunjukan adanya suatu massa atau benjolan pada payudara kanan anda. Untuk mengatakan suatu benjolan jinak atau ganas, USG bukanlah gold standar, tetapi diperlukan pemeriksaan dengan pengambilan jaringan dari benjolan tersebut (biopsi).Sebaiknya anda ke dokter spesialis bedah untuk memastikan diagnosa dari keluhan anda. Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Supiah S.D Sangadji
kanker payudaratumortumor jinak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil