Bagaimana menegakan diagnosa kanker payudara ?

NA Info Penanya: NA, Pria, 19 Tahun
Dokter sya ingin bertanya. Saya sudah melakukan usg payudara kanan saya. Dari hasil usg: tampak lesi hipoechoic, bentuk irreguler, batas tegas, tepi angulated, wider than taller, paralel dengan kulit, ukuran +/-072×0,47×0,7 cm dengan doppler tidak tampak vascularisasi intralesi. Tidak ada internal moving echo, di jam 3-4 ; 3cm di periareola. Apa maksudnya ya dok? Apa mungkin saya terkena kanker payudara. Umur sy bru 22 tahun dan sya belum menikah, tidak ada dalam rwayat keluarga saya jg yg menderita kanker payudara.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NA.

Dalam menegakkan diagnosa suatu penyakit, fungsi dari laboratorium, USG, rontgen adalah sebagai pemeriksaan penunjang, tetap harus memperhatikan anamnesa (gejala dari suatu penyakit), pemeriksaan fisik (tanda suatu penyakit). Sehingga Diagnosa yang di tegakkan tepat.

Perlu diketahui bahwa kebanyakan benjolan pada payudara bersifat jinak. Namun deteksi dini diperlukan agar diagnosa dan terapi diberikan seawal mungkin. Karenanya jika ditemukan adanya suatu benjolan pada payudara sebaiknya langsung ke dokter agar diperiksa secara langsung.

Tentang Gejala kanker payudara sendiri pada tahap awal, biasanya penderita tidak merasakan sakit atau tidak ada keluhan sama sekali, namun ketika tumor semakin membesar, gejala-gejala dibawah ini mungkin muncul :
a. Benjolan yang tidak hilang atau permanen, biasanya tidak sakit dan terasa
keras bila disentuh atau terdapat penebalan pada kulit payudara atau di sekitar
ketiak.
b. Perubahan ukuran dan bentuk payudara.
c. Kerutan pada kulit payudara.
d. Keluarnya cairan pada payudara, umumnya berupa darah.
e. Pembengkakan atau adanya tarikan pada puting susu

Dari hasil pemeriksaan USG anda menunjukan adanya suatu massa atau benjolan pada payudara kanan anda. Untuk mengatakan suatu benjolan jinak atau ganas, USG bukanlah gold standar, tetapi diperlukan pemeriksaan dengan pengambilan jaringan dari benjolan tersebut (biopsi).

Sebaiknya anda ke dokter spesialis bedah untuk memastikan diagnosa dari keluhan anda.

 

Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

RA
17 Sep 2019, 14:32
Paket Terapi Kanker Payudara dengan produk-produk terbaik dari TiensSemua produk di toko kami SELALU READY.Produk bersertifikat halal,BPOM RI, ISO, FDA Amerika, GMP Australia dan lainnya. Suplemen herbal alami kualitas dunia, telah dipasarkan di 200 negara lebih...sangat aman untuk dikonsumsi tanpa efek sampingMuncord isi 100 kapsul/botolDosis : 3x4 kapsul/hari, diminum sesudah makanFungsi : meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan sel kanker.Chitosan isi 100 kapsul/botolDosis : 3x4 kapsul/hari, diminum sebelum makanFungsi : membersihkan racun dan menghambat pertumbuhan sel kankerSpirulina isi 100 kapsul/botolDosis : 3x5 kapsul/hari,diminum sesudah makanFungsi : sebagai antioksidan dan nutrisi bagi tubuhMinat? Wa 083862651634
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Headphone bluetooth merupakan salah satu terobosan teknologi yang mudah untuk dibawa, tetapi gelombang elektromagnetik yang dipancarkan berpotensi merusak kesehatan

Benarkah Radiasi Wifi dan Headphone Bluetooth Berpotensi Merusak Kesehatan?

Teknologi yang pesat membuahkan berbagai hal yang dapat memudahkan kehidupan sehari-hari, seperti wifi dan headphone bluetooth, tetapi kedua teknologi tersebut memancarkan gelombang elektromagnetik yang berisiko bagi kesehatan.