13 Sep 2019, 07:50

Bagaimana mencegah seseorang agar tidak bunuh diri dan cara menanggulangi stress ?

MO
Info Penanya: MO, Wanita, 20 Tahun
halo dok,bagaimana cara mengatasi agar seseorang tidak melakukan bunuh diri? dan bagaimana cara menanggulangi stress?
20696 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Clara Octaveny Parhat
(0)
Halo MO, selamat pagi.Terima kasih telah bertanya di SehatQ. Seseorang yang berkeinginan untuk bunuh diri merupakan gejala dari depresi dan telah memasuki tipe depresi berat. Depresi bisa terjadi karena ada suatu pencetus/kejadian yang dialami seseorang berhubungan dengan gangguan pada emosi, seperti kehilangan sesorang yang dicintai, penolakan karena cinta, kehilangan pekerjaan, merasa tidak mampu menghadapi masalah, dikucilkan dari lingkungan dan terlalu obsesi terhadap sesuatu. Yang dapat di lakukan untuk menyelamatkan seseorang yang menderita depresi ialah :
  • Memberi support mental, semangat, kasih sayang bahwa mereka berharga sehingga mereka merasa penting dan lebih percaya diri
  • Selalu berada di sisi mereka khususnya orang - orang yang dekat di hidup mereka
  • Pahami kondisi mereka dengan mendengar masalah mereka
  • Mengingatkan bahwa bunuh diri suatu yang dilarang 
Jika keadaan tidak berubah, hubungi psikiater agar mendapatkan obat penenang dan mendapat konseling lebih mendalam.Stress merupakan gangguan mental yang dirasakan oleh seseorang akibat adanya tekanan, sesuatu yang mengancam, dan hal yang mengganggu berupa respon yang dikeluarkan dengan emosi. Jika mengalami stress yang berkepanjangan bisa jatuh pada kondisi depresi. Pada kenyataannya manusia membutuhkan stress sebagai pendorong agar lebih baik lagi. namun, yang perlu dilakukan individu ialah memanajemen stress agar tidak semakin memuncak dan dikuasai. Cara memanajemen stress :
  • Melatih diri dan menjadikan kegagalan masa lalu (stressor) sebagai pelajaran dan tidak mengulanginya kembali dengan fokus mengambil tindakan yang tepat jika dihadapkan dengan situasi yang sama sehingga stressor tersebut tidak membuat kita stress berlebihan lagi.
  • Mengetahui bahwa stress yang berlebihan dapat memunculkan penyakit yang dapat merugikan tubuh. beberapa penyakit yang ditimbulkan dari stress seperti hipertensi, diabetes melitus, maag kronis, penyakit jantung, stroke dan penyakit ginjal. Ini disebabkan dari saat stress hormon tubuh yang mengganggu kerja organ vital seperti hormon kortisol dan adrenalin yang berlebihan.
  • Berpikir positif bahwa semua masalah ada solusinya, kemudian menciptakan suasana yang tenang dan nyaman, seperti mendengarkan musik klasik, menghidupkan aromaterapi agar dapat berpikir jernih dan fokus untuk bangkit kembali untuk menghadapi stressor.
  • meniatkan diri menjadi lebih baik dan mengerjakan pekerjaan yang disukai
  • Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta bahawa Tuhan tidak menyukai orang - orang yang menyakiti diri dengan sifat yang negatif dan menyukai orang-orang yang sabar dan berusaha. 
  • Bertemu dengan ahli psikiatri untuk mendapatkan konseling lebih lanjut.
Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Clara. 
mengatasi depresidepresistresgangguan stres akut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil