Bagaimana menangani wajah yang berjerawat dan berminyak ?

MI Info Penanya: MI, Pria, 16 Tahun
Hai Dokter, saya sudah pusing menangani wajah yang berjerawat dan berminyak serta ada bekas jerawat juga, apakah ada vitamin maupun masker yang cocok buat saya pakai ? ataupun haslin apakah yang cocok buat kulit wajah yang seperti ini ?saya pria berumur 17 tahun dok. saya meminta sarannya dari dokter, Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MI.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Keadaan kulit wajah yang berminyak seringkali disertai dengan permasalahan jerawat. Pada saat produksi minyak atau yang dalam bahasa medis disebut dengan sebum ini apabila berlebihan akan dapat menyumbat pori-pori, dan ketika pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri maka kulit dapat meradang dan membentuk jerawat.

Pada saat usia remaja dan masa pubertas, terjadi peningkatan produksi hormon, khususnya produksi hormon androgen. Dan pada laki-laki hormon androgen juga mulai banyak dihasilkan sehingga memicu produksi sebum yang lebih banyak.

Terkait dengan pertanyaan Anda, memang pada kulit yang berminyak, diperlukan perawatan yang lebih intensif untuk mencegah timbulnya jerawat.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kulit yang berminyak :
  • Membersihkan muka dengan sabun yang lembut (seperti yang berbahan busa dan mengandung asam salisilat), setidaknya dua kali sehari
  • Menggunakan astringent atau toner setelah cuci muka
  • Hindari menggunkan produk yang mengandung scrub
  • Menggunakan kertas minyak
  • Tetap menggunakan pelembap dan sunscreen yang bebas minyak
  • Sesekali menggunakan masker yang dapat Anda olah sendiri menggunakan tomat

Mengenai jerawat, Anda dapat mencari obat jerawat yang mengandung bahan benzoyl peroxide di apotik dan mencoba menggunakan tea tree oil. Sedangkan untuk bekas jerawat, Anda dapat menggunakan madu ataupun gel lidah buaya.

Berikut saya lampirkan artikel terkait cara mengatasi wajah berminyak dan cara mengatasi jerawat sebagai informasi tambahan.

Untuk lebih lanjut dan apabila keluhan tidak kunjung membaik, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter Spesialis Kulit

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawat sakit pada wajah bisa dicegah dan diatasi, jika Anda rajin membersihkan kulit secara lembut dan teliti

8 Cara Mengatasi Jerawat Sakit untuk Memperoleh Wajah Sehat

Banyak yang mengira jerawat sakit adalah masalah kulit yang hanya menyerang remaja di usia pubertas. Salah satu cara mengatasi jerawat sakit yaitu dengan membersihkan kulit dengan lembut dan teliti.