24 Oct 2019, 12:52Penyakit Lainnya

Bagaimana menangani vertigo?

SN
Info Penanya: SN0
assalamualikum dok ,, saya diagnosa vertigo oleh dokter , apakah vertigo itu bisa sembuh tanpa memakan obat ? atau kah harus menjalani terapi ? terimakasih dok ..
21266 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam SN,Vertigo merupakan keluhan pusing berputar yang dirasakan oleh seseorang yang seringkali disertai dengan keluhan mual, muntah hingga lemas. Vertigo dapat dibedakan berdasarkan vertigo perifer yang terjadi secara mendadak dan tampak lebih hebat, serta vertigo sentral.Pada vertigo perifer seringkali disebabkan oleh BPPV, penyakit Meniere, vestibular neuritis, serta kolesteatoma. Sedangkan pada vertigo sentral bisa disebabkan oleh tumor otak, stroke ringan, multipel sklerosis, migrain.Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi keluhan vertigo :
  • Hindari gerakan kepala yang mendadak.
  • Pejamkan mata untuk mengurangi keluhan pusing berputar.
  • Cari ruangan yang nyaman dan tidak berisik.
  • Hindari makanan pedas, asam, agar tidak semakin mual.
  • Tidur dengan posisi bantal agak tinggi.
Penanganan tergantung dari seberapa berat keluhan vertigo dan apa penyebab vertigo itu sendiri.Bila keluhan pusing berputar disertai dengan muntah-muntah hingga lemas, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter saraf untuk penanganan lebih lanjut dan menemukan penyebab pasti munculnya vertigo tersebut.Salam sehat,dr. Vina
vertigopusingtumor otak
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil