Bagaimana Menangani Tumor Pankreas?

S Info Penanya: S, Pria, 32 Tahun
Selamat pagi Dok,Bapak saya berusia 58 tahun dan terkena tumor pankreas, bagaimana cara penyembuhannya ya?Hal itu muncul karena sebelumnya beliau menjalani operasi angkat batu empedu, dan ternyata setelah itu dokter bilang ada tumor pangkreas. Hal penting apa yang harus dihindari dan bagaimana menanganinya?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Bapak S ditempat,

Pankreas adalah organ dalam perut yang berbentuk tabung memanjang, tampak seperti bunga karang dan terletak dibelakang lambung atau belakang perut.

Salah satu fungi dari Pankreas adalah memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk mengkontrol kadar gula dalam darah.

Bila ada tumor atau penyakit di Pankreas, maka salah satu gejalanya adalah berupa terganggunya fungsi dari Pankreas tsb.

Secara umum  ada dua jenis tumor yaitu tumor jinak dan tumor ganas.

Dan untuk memastikan jenis tumor ini maka diperlukan pemeriksaan yang lebih mendalam seperti :

  • Pemeriksaan laboratorium darah, urin dan feces
  • Pemeriksaan dengan Barium
  • Angiogram
  • CT Scan
  • Transabdominal Ultrasaund untuk melihat pankreas

Pada prosedur ini, suatu alat yang mengirim gelombang-gelombang suara frekwensi tinggi, dilewatkan diatas perut. Gelombang-gelombang suara menggemakan balik Pankreas. Gema-gema membentuk suatu gambar pada suatu layar yang terlihat seperti suatu televisi.

  • ERCP (Endoscopic Retrograde CholangioPancreatogram), adalah suatu x-ray khusus dari saluran empedu. Untuk tes ini, suatu tabung fleksibel yang panjang (endoscope) dimasukkan melalui kerongkongan pasien kedalam usus kecil melalui lambung. Suatu zat pewarna disuntikan kedalam saluran empedu, dan x-rays diambil. Dokter dapat juga melihat melalui endoscope dan mengambil contoh-contoh jaringan.
  • Endoscopic ultrasound adalah suatu prosedur yang relatif baru yang dapat digunakan untuk mendiagnosis tumor pada Pankreas.

Semua langkah dan jenis pemeriksaan ini akan tergantung dari hasil pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan oleh Dokter Ahli Kanker.

Dokter Ahli Kanker dapat ditemukan di RS Pusat khusus Penyakit Kanker di Kota Bapak, atau yang terdekat.

Untuk menegakkan secara pasti Diagnosa Kanker Pankreas, maka kami menyarankan untuk konsultasi ke Dokter Ahli Kanker untuk minta pendapat kedua dan ketiga.

Kepastian Diagnosa ini berguna untuk menentukan langkah pengobatan selanjutnya, dan mengingat kondisi ini merupakan suatu kondisi yang serius maka kami sarankan secepatnya dapat menghubungi Dokter Ahli Kanker untuk keperluan tersebut.

Semoga informasi dari kami dapat menjawab pertanyaan Bapak.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Trauma dari luar dan penyakit di dalam tubuh dapat menjadi penyebab seseorang mengalami koma

Penyebab Koma, Kondisi Antara Hidup dan Mati

Koma adalah kondisi seseorang yang tidak dibangunkan dengan rangsangan apa pun. Beberapa penyebab koma, antara lain cedera dan penyakit.