Bagaimana menangani sakit saraf disertai munculnya koreng berair hingga tulang terlihat ?

QS Info Penanya: QS, Wanita, 18 Tahun
Dok, kakek sya sakit saraf dan skitnya pindah pindah katanya , bagaimna cara mengatasinya.. dan hingga sekarang muncul koreng hingga klihatan berair dan sudah melebar hingga kelihatan tulangnya, bgaimna cara mengtasi.. sedangkan kakek saya dibawa krumah sakit tidak mau , dan sudah diobati dengan cara memanggil mntri untuk pngobatan bnyak hingga dihentikan karna mslh biaya, dan msih blm smbuh juga..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, QS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Penyakit saraf dapat merupakan berbagai gangguan saraf yang mengenai saraf sensorik (berfungsi menerima rangsangan atau sensasi), saraf motorik (berfungsi membawa sinyal ke otot dan mengontrol pergerakan) serta saraf otonom. Apabila keluhan nyeri yang dirasakan tidak disertai adanya kelumpuhan, maka kemungkinan gangguan mengenai saraf sensorik. Dan keluhan nyeri yang dirasakan di berbagai bagian tubuh mungkin merupakan polineuropati (gangguan yang diakibatkan rusaknya sistem saraf tepi).

Mengenai koreng yang berair dan melebar hingga tulang terlihat mungkin disebabkan oleh luka akibat tekanan berkepanjangan atau yang disebut dengan ulkus dekubitus, atau dapat juga disebabkan oleh luka diabetes, apabila penderita memiliki riwayat diabetes. Kedua luka ini membutuhkan ketelatenan dalam perawatannya karena membutuhkan waktu untuk memperbaiki jaringan yang telah rusak akibat kedua jenis luka tersebut.

Untuk memastikan diagnosis sangat perlu untuk dilakukan pemeriksaan langsung kepada Kakek Anda. Terkait permasalahan biaya, apakah Kakek Anda sudah terdaftar pada asuransi BPJS kesehatan? Apabila belum sebaiknya didaftarkan agar biaya pengobatan menjadi lebih ringan. Dan umumnya sebagian lansia menolak untuk dibawa ke rumah sakit karena berbagai kekhawatiran. Diperlukan dukungan seluruh keluarga untuk membujuk lansia untuk mau dibawa berobat. 

Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba :

  • Mengurangi tekanan pada bagian tubuh tertentu atau pada kulit yang berdampak dengan mengganti posisi lansia secara berkala
  • Perawatan luka, senantiasa dibersihkan dan mengganti perban
  • Mengontrol rasa nyeri dengan obat pereda nyeri, umumnya perlu diresepkan oleh dokter agar jenis obat sesuai, serta diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi
  • Diet makanan bernutrisi dan bergizi seimbang

Apabila keluhan tidak kunjung membaik disertai tanda infeksi seperti demam, luka yang berbau tidak seda, kemerahan yang semakin menjadi, serta bengkak dan rasa hangat disekitarnya segeralah bawa Kakek Anda ke rumah sakit. 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hernia dapat diatasi dengan melakukan operasi hernia

Dua Jenis Operasi untuk Mengatasi Hernia

Hernia atau turun berok terjadi ketika organ dalam tubuh mendorong atau menekan jaringan otot, maupun jaringan ikat yang melemah. Untuk mengatasi hernia, 2 jenis operasi dapat Anda lakukan.