Bagaimana menangani kulit sensitif terhadap suatu produk kecantikan?

MA Info Penanya: MA, Pria, 19 Tahun
mengapa kulit saya sensitif terhadap handbody atau lulur?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, MA.

Kulit sensitif pada umumnya bukan merupakan suatu penyakit, namun lebih kepada suatu kondisi dimana terdapat reaksi kulit yang berlebihan terhadap suatu faktor, seperti kosmetik, sabun, sampo, lotion, atau benda lainnya dan dapat diperburuk dengan kondisi udara. Kulit sensitif ditandai dengan adanya reaksi dapat berupa kemerahan pada kulit, rasa gatal, bengkak, bahkan dapat melepuh. Setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda-beda.

Apabila Anda mengetahui bahwa kulit Anda sensitif terhadap suatu produk, maka sebaiknya anda hentikan penggunaan produk tersebut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada orang yang mempunyai kulit sensitif, seperti:

  • Memakai produk yang sesuai dengan jenis kulit sensitif.
  • Tidak memakai produk kosmetik yang berlebihan terutama yang mengiritasi kulit seperti lulur, sabun yang mengandung scrub.
  • Memperhatikan kandungan yang terdapat dalam produk kosmetik. Hindari memakai produk yang mengandung alkohol dan wewangian. Sebaiknya pilih produk dengan kandungan bahan alami seperti lidah buaya, camomile, atau green tea.
  • Hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung jika terdapat ruam.
  • Hindari terlalu sering berganti produk.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, seperti minyak ikan, biji shia, kacang-kacangan, telur ikan, dan lain-lain.

Reaksi kulit sensitif dapat disertai dengan kejadian seperti bengkak pada wajah dan mulut, sulit menelan, dan sulit bernapas. Jika Anda mengalami hal tersebut, maka Anda harus segera menemui Dokter untuk penanganan segera. Anda juga dapat berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk mengetahui jenis kulit Anda dan produk apa yang aman untuk Anda pakai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panu menyebabkan perubahan warna kulit yang mengganggu estetika.

Ini Dia Cara Menghilangkan Panu yang Tepat dan Efektif

Perubahan warna pada kulit yang disebabkan oleh panu dapat menurunkan kepercayaan diri sebagian orang. Panu dapat dihilangkan dengan mengetahui tingkat keparahannya. Jika panu yang dialami tidak terlalu parah, Anda dapat menggunakan salep antijamur yang mengandung miconazole atau shampo antiketombe yang mengandung asam salisitat.