Bagaimana menangani insomnia?

MK Info Penanya: MK, Pria, 6 Tahun
Gimana ngatasi penyakit insomnia.. Yang berlebihan dan saya harus usahain apa.. Ngalakuuin apa? Tanya dokk.?? Makasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MK,

Insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang sering dialami oleh seseorang dengan keluhan sulit memulai tidur, sering terbangun ketika tidur, dan sulit untuk memulai tidur kembali. Adanya gangguan tidur ini yang berlangsung lama dapat mengganggu aktivitas sehari-hari penderita berupa bangun dengan kondisi badan lemas, mengantuk, susah konsentrasi, mudah marah, sulit memahami hal baru.

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan gangguan tidur ini antara lain :
  1. Stres yang berlebihan.
  2. Sistem kerja dengan pola shift malam.
  3. GERD.
  4. Kebiasaan konsumsi alkohol, kafein.
  5. Depresi.
  6. Lingkungan tidak mendukung seperti berisik atau terlalu terang.
Hal-hal yang dapat dilakukan agar keluhan susah tidur ini teratasi adalah dengan cara :
  1. Kurangi stres atau cemas berlebihan.
  2. Ciptakan suasana tempat tidur senyaman mungkin seperti bersih, wangi, tidak terlalu terang dan tidak berisik.
  3. Hindari konsumsi alkohol dan kafein.
  4. Hindari makan sebelum tidur, boleh makan maksimal 3 jam sebelum tidur.
  5. Olahraga secara teratur.
  6. Biasakan tidur dan bangun tidur di jam yang sama.

Bila gangguan sulit tidur ini berlangsung terus dan mengganggu aktivitas keesokan harinya, maka segera lakukan pemeriksaan ke psikiater untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ketahui durasi jam tidur sesuai usia Anda untuk istirahat yang nyenyak

Ayo Cari Tahu Berapa Durasi Jam Tidur yang Baik Sesuai Kelompok Usia

Memenuhi jam tidur yang baik memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Sayang, sebagian besar orang tidak terlalu memerhatikan waktu tidur. Sebenarnya, kapan jam tidur yang baik yang dianjurkan?