Bagaimana menangani batuk kering secara alami?

AK Info Penanya: AK, Pria, 19 Tahun
, doker saya ingin bertanya .. saya batuk hampir 2 bulan kok gak sembuh* yah knp ya dok padahal udah minum obat macem* dan kalo batuk sampe tenggorokan kering dan kadang sakit kalo buat batuk.. minum obat apakah supaya batuknya sembuh .. terimakasih ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, AK.

Batuk dapat berupa kering dan berdahak. Batuk sendiri merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau kuman yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Batuk kering dan berlangsung lama dapat dikaitkan dengan kejadian alergi. Tentunya alergi dapat terjadi karena adanya paparan alergen sperti debu, polusi, udara atau bahkan makanan. Batuk kering dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit atau gatal karena terjadi terus menerus. Bahkan dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan luka tenggorokan karena aktivitas batuk yang terus menerus.

Dalam mengobati batuk kering, Anda harus berkonsultasi dengan Dokter Anda untuk mendapatkan resep obat. Namun, hal berikut ini dapat Anda lakukan di rumah, yaitu:

1. Penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal 2 liter perhari.

2. Tidur yang cukup.

3. Hindari paparan alergen seperti debu, polusi, rokok dan. sebagainya yang menyebabkan munculnya batuk Anda. Anda dapat memakai masker jika keuar rumah.

4. Mengonsumsi satu sendok madu atau melarutkan dua sendok madu ke dalam air hangat yang dicampur lemon.

5. Berkumur dengan air garam untuk meredakan tenggorokan sakit dan gatal. Larutkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air, kemudian kumur sekitar 30 detik lalu buang.

6. Memakai pelembab udara untuk melembabkan udara sekitar Anda.

7. Hindari stres karena kondisi emosional dapat berpengaruh terhadap penyembuhan suatu penyakit.

Jika Batuk Anda disertai dengan sesak dan demam tinggi, maka Anda dapat segera berkonsultasi kepada Dokter Anda agar dapat diberikan obat yang sesuai.

Semoga lekas membaik.

Salam Sehat.

 

dr. Riani AZ

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Batuk adalah refleks yang sehat dan penting untuk melindungi saluran udara di tenggorokan serta dada

5 Penyebab Batuk pada Anak dan Cara Mengatasinya

Sebagian besar batuk disebabkan oleh virus dan tidak membutuhkan obat untuk menyembuhkannya. Kecuali bila batuk merupakan gejala penyakit lain yang lebih serius, salah satu cara meredakan batuk anak adalah dengan membuatnya tetap merasa nyaman.