Bagaimana menangani alergi udang?

SO Info Penanya: SO, Wanita, 18 Tahun
Dokter mau tanya,saya akhir-akhir ini mengalami gatal-gatal pada wajah.Awalnya diakibatkan oleh alergi pada udang.Menurut dokter cara pengobatan nya bagaimana ya?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SO,

Alergi merupakan reaksi yang muncul ketika seseorang terpapar alergen. Alergen tersebut bermacam-macam bisa berupa seafood, susu sapi, debu, cuaca dingin, kacang, kandungan tertentu di dalam kosmetik dll. Keluhan yang sering muncul ketika sedang terjadi alergi adalah berupa ruam atau bercak kemerahan, gatal, sesak napas, bibir atau mata bengkak, asma. Reaksi ini dapat berlangsung cepat atau lambat tergantung dari daya tahan tubuh seseorang. Alergi tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah menjaga atau menghindari agar reaksi alergi tidak muncul dengan cara menghindari alergen.

Bila reaksi alergi sudah terlanjur muncul, maka bisa dilakukan beberapa hal berikut ini :

  1. Segera minum obat golongan antihistamin untuk membantu meredakan reaksi alergi.
  2. Bila muncul bruntusan pada wajah, bisa dicoba pengaplikasian salep kortikosteroid lemah, hindari untuk sementara waktu penggunaan produk kecantikan.

Bila gatal di wajah mengakibatkan wajah bengkak atau ada sesak napas, maka segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit atau dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gatal adalah salah satu reaksi alergi dingin, debu, makanan, dan obat pada anak yang umumnya terjadi

11 Ciri-Ciri Alergi Obat pada Anak yang Harus Diketahui Orangtua

Terdapat berbagai jenis alergi, seperti alergi dingin, debu, makanan, sampai obat. Alergi obat bisa terjadi pada sebagian anak yang menimbulkan reaksi alergi setelah terpapar obat. Ciri-ciri alergi pada anak antara lain adalah ruam kulit, biduran, gatal, dan bengkak.