Bagaimana memperlancar haid yang sedikit-sedikit

A Info Penanya: A, Wanita, 22 Tahun
Halo dok ,gimana cara memperlancar haid?saya haidnya sedikit" 2-3 hari sudah bersih trus pas hari ke 4 tinggal keluar coklat" ,padahal saya dulu kalo haid banyak sekali selalu tembus" terus tapi sekarang nggak pernah itu kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Siklus menstruasi normalnya timbul setiap 21-45 hari sekali dengn durasi menstruasi 3-7 hari. Jadi sebenarnya durasi menstruasi yang saat ini timbul masih dalam batas normal tetapi jika dirasa berkurang dan kurang lancar hal tersebut dapat dipicu oleh beberapa hal seperti:

  • Stres
  • Gangguan hormonal
  • Kelelahan
  • Gangguan pada saluran reproduksi
  • Gangguan tiroid

Untuk bisa melancarkan haid perlu merubah pola hidup menjadi lebih sehat, cukupi kebutuhan istirahat, perbaiki pola makan, jaga berat badan ideal, kelola stres dan juga dapt menggunakan pelancar haid secara alami seperti dengan mengonsumsi minuman jahe, kayu manis, atau cuka sari apel.

Selain itu juga bisa dilakukan pemeriksaan pada dokter untuk mencari tahu penyebabnya agar dapat diberikan penanganan sesuai dengan penyebab gejala yang dialami saat ini. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.