Bagaimana memilih alat bantu dengar yang sesuai ?

JP Info Penanya: JP
Apakah alat pendengaran itu mahal? Lantas yg di jual di online yg harganya terjangkau gak layak!!?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, JP.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Alat bantu dengar merupakan alternatif terbaik bagi seseorang yang telah mengalami gangguan pendengaran dengan tingkat keparahan tertentu. Terdapat berbagai jenis alat bantu dengar yang dapat menunjang pendengaran disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi individu penderita. Untuk dapat memilih alat bantu dengar yang tepat dan sesuai dengan kondisi medis yang dialami, seseorang perlu untuk mengenali perbedaan jenis-jenis alat bantu dengar dan mengonsultasikannya kepada dokter Spesialis THT.

Prinsip dari alat bantu yautu membantu menguatkan suara-suara halus atau nada-nada tertentu yang tidak dapat didengar oleh penderita menjadi lebih jelas, namun penggunaan alat bantu dengar tidak akan mengembalikan pendengaran seperti sedia kala atau normal kembali.

Berikut beberapa jenis alat bantu dengar :

  • alat bantu dengar di belakang telinga
  • alat bantu dengar di dalam telinga
  • alat bantu dengar di dalam kanal telinga
  • alat bantu dengar dengan receiver di kanan atau di telinga
  • alat bantu dengar open fit

Mengenai pertanyaan Anda, harga dari setiap jenis alat bantu dengar merupakan hal yang relatif tergantung dari kualitas, spesifikasi, kegunaan dan kelebihannya. Dimanapun Anda membelinya hendaknya perlu diperhatikan detail dari produk, garansi dan masa coba pemakainan agar alat tahan lama sehingga Anda tidak perlu gonta-ganti alat dalam jangka waktu yang singkat. Tidak lupa untuk terlebih dahulu memeriksakan gnagguan pendengaran kepada dokter Spesialis THT agar mendapatakan saran penggunaan yang sesuai dengan kondisi yang dialami.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berkonsultasi dengan dokter dapat membantu mengetahui penyebab pendengaran berkurang

Penyebab Pendengaran Berkurang pada Lansia

Gangguan pendengaran pada lansia dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan mendengar atau yang biasa disebut sebagai presbikusis. Presbikusis membuat kita harus mengulang pembicaraan dengan volume suara yang lebih keras dari biasanya. Pendengaran berkurang/tuli sering dialami oleh lebih dari 5% penduduk dunia.