Bagaimana membersihkan kotoran telinga?

IN Info Penanya: IN, Pria
Cara membersihkan kotoran telinga yg mengering
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IN,

Dalam kondisi normal, telinga akan menghasilkan cairan berwarna coklat kekuningan yang disebut dengan serumen yang berfungsi untuk melembabkan bagian dalam telinga. Selain itu telinga juga dilengkapi dengan bulu-bulu halus untuk mencegah debu atau kotoran masuk ke telinga. Jadi dalam kondisi normal, seharusnya tidak perlu membersihkan telinga karena telinga sudah memiliki mekanisme pertahanan berupa serumen dan bulu-bulu halus tadi, dan bila ada kulit mati atau debu di dalam telinga maka akan keluar dengan sendirinya ketika kita sedang mengunyah, atau berbicara akibat gerakan pada rahang.

Namun bila dirasa ada banyak kotoran di dalam telinga, maka Anda dapat membersihkannya dengan cara :
  1. Gunakan kain basah untuk membasuh telinga.
  2. Gunakan cairan pelunak kotoran telinga yang dapat dibeli di apotek.
  3. Semprotkan air hangat ke dalam telinga dengan kondisi kepala miring, sehingga air bisa langsung mengalir keluar. Namun cara ini tidak bisa dilakukan bila gendang telinga sudah pecah.

Bila ada gangguan pendengaran, nyeri telinga, atau keluar cairan dari telinga, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter THT untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

MA
24 Oct 2019, 14:23
Apakah cotton bud diperbolehkan untuk membersihkan telinga?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.