Bagaimana melawan rasa malas dan memacu semangat?

BB Info Penanya: BB, Pria
Tumbuhan apa yang dapat memacu semangat kerja dan mengusir rasa malas?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BB,

Rasa malas adalah kondisi yang bisa timbul karena serangkaian penyebab mulai dari faktor internal diri ataupun faktor eksternal. Faktor internal sendiri bisa timbul karena kondisi psikis dan fisik mulai dari rasa jenuh, stres, kurang istirahat, kurang tidur, mengalami gangguan kesehatan tertentu, tubuh tidak bugar dan faktor eksternal seperti lingkungan kerja, rekan kerja, beban pekerjaan dan lainnya.

Untuk bisa kembali semangat tentunya perlu memahami apa yang menjadi pemicu rasa malas dan mengatasinya. Jika penyebabnya adalah rasa jenuh, stres ataupun bosan maka perlu meluangkan waktu untuk sekedar berbagi cerita pada rekan ataupun orang lain mengenai keluhan yang dialami, melakukan refreshing, tetap menjalankan hobi yang disenangi. Jika kurang istirahat atau kurang tidur penting melakukan manajemen waktu agar bisa tidur dengan cukup, hindari membawa pekerjaan kantor ke rumah agar bisa memiliki kualitas istirahat yang lebih baik, perhatikan juga kebiasaan makan dan hindari kebiasaan merokok atau minum-minuman berkafein dan beralkohol yang bisa membuat sulit tidur.

Jika masih kesulitan dan merasa badan lelah dan tidak bersemangat bisa juga dilakukan pemeriksaan pada dokter agar dilakukan pemeriksaan dan konseling untuk membantu mengatasinya. Herbal atau tumbuhan untuk meningkatkan semangat sendiri seperti madu, air kelapa, jahe, dan kopi tetapi maksimal 2 cangkir setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kimchi merupakan salah satu makanan probiotik yang dapat melancarkan pencernaan

11 Makanan Probiotik untuk Lancarkan Pencernaan

Makanan probiotik bukan hanya yogurt saja. Ada berbagai macam makanan probiotik yang mampu membantu pencernaan, seperti tempe, acar, hingga kimchi.