18 Dec 2020, 07:02Kulit & Kelamin

Bagaimana keamanan refaquin untuk pemutih kulit?

P
Info Penanya: P0
Dok, saya kemarin diberikan teman saya refaquin untuk pemutih. Tapi saya cari di internet kyknya obatnya termasuk obat keras ya? Apakah obat ini aman?
218 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam PLRefaquin merupakan krim pemutih wajah yang memiliki efek dapat memudarkan flek kehitaman atau bekas luka yang menghitam. Rifaquin mempunyai beberapa kandungan zat aktif yaitu hidroquinon 4%, tretinoin 0,05%, dan fluocinolone acetonide 0,01%. Hidroquinon merupakan zat yang bekerja mencerahkan wajah dengan mencegah perubahan warna gelap (hiperpigmentasi) pada kulit dengan menghambat produksi melanin. Tretinoin atau yang sering juga disebut retinoic acid (asam retinoid) sering digunakan sebagai obat jerawat karena dapat emngangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sehingga dapat mencegah komedo yang menjadi jerawat. Fluocinolone acetonide adalah zat yang termasuk dalam golongan kortikosteroid yang dapat bekerja meredakan peradangan seperti bengkak, kemerahan, dan rasa gatal atau nyeri.Ketiga jenis obat ini merupakan obat golongan C pada kehamilan dan menyusui dimana dalam penelitian menggunakan hewan pemakaian obat bisa memberikan efek buruk pada janin, penggunaan dapat dipertimbangkan bila manfaatnya lebih besar daripada resiko yang dapat ditimbulkan. Penggunaan obat ini harus berdasarkan anjuran dari dokter.Penggunaannya bisa dioles secara tipis pada wajah, terutama pada kulit yang menghitam. Pengolesan bisa 1-2 x sehari tergantung tingkat kegelapan kulit (keparahan). Saat penggunaan krim refaquin sebaiknya hindari paparan cahaya matahari atau pemakaian produk sejenis seperti peeling atau scrub. Bila pada penggunaan selama 2 bulan tidak ada perubahan atau apabila terjadi efek samping pada kulit, hentikan pemakaian produk dan konsultasikan ke dokter spesialis kulit.Efek samping rifaquin dapat berupa :
  • kulit memerah
  • rasa terbakar atau panas
  • kulit terkelupas
  • kulit mengering
Selain itu sebaiknya disertakan dengan pola hidup sehat untuk kesehatan kulit seperti mengkonsumsi banyak buah dan sayur, minum air putih yang cukup, berolahraga rutin, istirahat cukup, tidak bergadang serta hindari stres.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL
kesehatan kulitkulit dan kecantikanflek hitamperawatan wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil