Sakit telinga, apakah boleh di korek-korek kupingnya?

S Info Penanya: S
telinga keluar cairan, sudah 1 minggu dikasi tetes telinga dan minum obat pereda nyeri. nah katanya selama itu tdk boleh dikorek2 bagian dalam, sdh 1 minggu dan cairan di telinga dalam mengering, trus itu sudah boleh dikorek atau tidak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang S,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Mengorek telinga merupakan salah satu cara yang sering dilakukan untuk membersihkan telinga. Namun sebetulnya telinga adalah salah satu jenis organ yang memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Bentuk liang telinga juga memiliki kemampuan untuk mengatisipasi masuknya kotoran.

Telinga manusia memproduksi korotan telinga yang biasa di sebut dengan serumen. Serumen ini berfungsi untuk mencegah kotoran telinga yang masuk. Dan terkadang serumen ini akan menggumpal dan menyumbat telinga sehingga banyak orang ingin membersihkannya dengan cotton bud. Namun membersihkan telinga dengan cotton bud akan membuat serumen terdorong dan mungkin akan membuat serumen menumpuk dan menyumbat.

Beberapa hal berbahaya yang dapat disebabkan oleh mengorek telinga :

  1. Perdarahan
    Jika dilakukan terlalu keras dan dalam dapat menyebabkan dinding luka dan terjadi perdarahan.
  2. Infeksi
    Bisa terjadi karena peradangan di liang telinga dan kelenjar rambut
  3. Gangguan saraf
    Saraf yang bisa terkena adalah saraf facialis dibagian muka

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, sebaiknya tidak sering untuk mengorek telinga. Sebaiknya jika masih ada keluhan atau akan membersihkan telinga kunjungi dokter THT.

Semoga informasi yang di berikan bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat tetes telinga sering jadi solusi saat Anda mengalami telinga bermasalah

Pilihan Obat Tetes Telinga dan Cara Menggunakannya untuk Orang Dewasa dan Anak

Obat tetes telinga sering jadi solusi saat Anda mengalami telinga bermasalah. Namun, Anda perlu mengetahui kondisi apa saja yang memerlukan obat tetes dan cara menggunakan obat tetes telinga yang tepat.