04 Oct 2021, 09:46Kandungan

Bagaimana jika hubungan 2x lalu minum postpil?

N
Info Penanya: N0
halo dok,saya haid pada tanggal 21 dan saya berhubungan di tanggal 26 dan besoknya keluar bercak coklat,mual,badan pegal".kembali berhubungan pada tanggal 30 besoknya sama minum postpil .apakah ada peluang besar untuk hamil?
143 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Postpill atau kontrasepsi darurat sering digunakan sebagai merupakan pencegahan kehamilan setelah hubungan seksual sudah dilakukan tanpa menggunakan kontrasepsi apapun sebelum melakukan hubungan, atau adanya kondisi darurat misalnya kondom yang robek atau terlambat suntik KB.

Cara konsumsi Postpill

KB darurat ini mengandung hormon levonorgestrel yang memiliki dosis cukup besar dan mempengaruhi hormon dalam tubuh secara drastis. Hormon dalam KB darurat menyebabkan beberapa efek samping seperti bisa terjadi munculnya flek diluar siklus menstruasi atau umumnya 7-14hari setelah konsumsi pil tersebut. Namun perlu Anda ketahui, KB darurat hanya akan efektif bekerja dalam 72jam sejak hubungan seksual, yang artinya jika diminum 1hari setelah hubungan masih akan efektif.Namun jika sudah ada kehamilan dari hubungan Anda pada tanggal 21 maka konsumsi pil ini sudah tidak akan memberikan efek apapun. Cara kerja postpil adalah menghalangi penempelan hasil pembuahan ke rahim, sehingga jika sudah nempel atau sudah terlambat maka tidak akan dapat dicegah lagi dengan pil ini. Flek pada tanggal 26 bisa juga terjadi karena flek kehamilan, sebaiknya tetap lakukan pemeriksaan tes pack jika ada keluhan terlambat haid, dan konsultasikan ke dokter kandungan untuk memilih metode KB lain jika memang aktif berhubungan seksual.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penggunaan kbkontrasepsiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil