Bagaimana Jika Alergi Terhadap Antibiotik Golongan Quiniolone?

DD Info Penanya: DD, Pria, 24 Tahun
Hai Dokter, Saya mau bertanya: ibu saya memiliki alergi terhadap obat Antibiotika golongan Levofloxacin, namun setelah operasi kista beliau diberikan Antibiotika Ciprofloxacin oleh Dokter, apakah ada jenis penggantinya? Karena setelah mengonsumsi obat Ciprofloxacin, alergi tumbuh kembali seperti ruam merah di seluruh tubuh. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Halo Ibu DDD,

Generasi baru dari Antibiotik Golongan Quiniolone contohnya adalah  Levofloxacin dan Moxifloxacin. Sedangkan Ciprofloxacin juga termasuk antibiotika golongan Quiniolone, yang sudah lebih dulu ada.

Untuk menghindari terjadinya kekeliruan, sebaiknya setiap berobat selalu di ingatkan ke Dokter bahwa Ibunda mempunyai alergi terhadap Antibiotika Golongan Quiniolone, sehingga Dokter akan memberikan obat antibiotika dari golongan lain sesuai dengan kebutuhan Ibunda.

Untuk saat ini sebaiknya segera kunjungi Dokter yang merawat Ibunda, dan sampaikan keluhan yang dialami Ibunda supaya segera ditangani dengan tepat. Sebaiknya jangan mencoba memberikan obat tanpa petunjuk dan resep dari Dokter karena akan dapat membahayakan diri sendiri.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat alergi berfungsi meredakan gejala alergi, dan bukan menyembuhkannya

Berbagai Jenis Obat Alergi dan Cara Kerjanya

Meski alergi tidak bisa disembuhkan dengan obat, reaksi dan gejala alergi bisa diatasi dengan obat alergi. Ada berbagai jenis dan bentuk obat yang bisa Anda pilih untuk meredakan gejala alergi, dari obat apotek hingga alami.