Bagaimana hasil pemeriksaan tes urine lengkap pada MCU?

KI Info Penanya: KI, Pria, 24 Tahun
Selamat sore dok kemarin hari senin tanggal 21 october 2019 saya mcu . Dari hasil lab urin tertulis Eritrosit(positif1)Eritrosit(8-10) (Kristal AMORF + ) itu artinya bagaimana dok? Terimakasih .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore KI,

Hasil medical check up yang dilampirkan adalah berupa tes urine. Hasil ini perlu dipastikan lebih lanjut dengan pemeriksaan dokter langsung agar dilakukan wawancara mengenai keluhan yang timbul dan hasil pemeriksaan fisik. 

Dari hasil yang diberikan dimana ditemukan eritrosit, dan kristal dapat mengindikasikan adanya gangguan pada saluran kemih penyebabnya sendiri dapat disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih, batu saluran kemih, gangguan pada ginjal seperti infeksi atau batu pada saluran kemih ataupun penyebab lain yang perlu dipastikan.

Nantinya dokter juga bisa meminta pemeriksaan tambahan lain seperti lab darah, USG atau foto rontgen jika diperlukan. Nantinya pengobatan akan diberikan tergantung dari hasil pemeriksaan bisa hanya dengan obat ataupun jika perlu dilakukan tindakan medis lain seperti jika terdapat batu. Upayakan banyak minum air putih, hindari makanan atau minuman yang bisa memicu terbentuknya batu pada saluran kemih, jaga kesehatan ginjal juga dengan membatasi asupan garam, jaga brat badan ideal, olahraga dengan rutin dan jaga tekanan darah. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan buang air kecil dapat menimbulkan batu di kandung kemih

3 Bahaya Menahan Buang Air Kecil Saat Perjalanan Mudik

Kemacetan saat mudik membuat seseorang menahan buang air kecil untuk waktu yang lama. Padahal, terdapat bahaya menahan buang air kecil saat mudik yaitu dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kandung kemih.