Bagaimana Gejala pendarahan Antepartum?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Siang, dokter. Saat ini saya sedang memasuki kehamilan minggu ke 20. Saya sedikit banyak membaca mengenai kehamilan dan jenis-jenis pendarahan, salah satunya pendarahan Antepartum. Itu apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi N,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Perdarahan antepartum adalah perdarahan melalui vagina yang terjadi pada usia kehamilan lebih dari 24 minggu. Perdarahan antepartum merupakan salah satu kondisi kegawatdaruratan yang perlu mendapatkan penanganan segera. Bila tidak cepat ditindaklanjuti, perdarahan ini dapat menyebabkan kematian baik pada ibu maupun pada janin.

Penyebab perdarahan antepartum belum di ketahui pasti namun beberapa akibat dari robekan plasenta, plasenta previa, lahir prematur dan gangguan pada leher rahim. Gejalanya adalah perdarahan melalui vagina, nyeri di perut, dan bisa terjadi syok hipovolemik jika ibu mengalami banyak perdarahan, tanda dari syok adalah linglung, pucat, napas cepat, keringat dingin, lemas dan produksi urine turun.

Jika Anda mengalami gejala perdarahan yang tiba-tiba banyak daan mengalami beberapa gejala di atas setelah melahirkan, sebaiknya konsultasikan dan periksakan segera karena untuk mengganti darah dan cairan tubuh yang keluar dari perdarahan, ibu perlu mendapat terapi cairan dan transfusi darah segera. 

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama pada luka berdarah harus dimulai dengan menghentikan perdarahan terlebih dulu

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama ketika Anda Alami Luka

Kecelakaan dan keadaan darurat bisa terjadi tanpa diduga. Penting untuk mengetahui cara melakukan pertolongan pertama pada kondisi-kondisi tersebut, khususnya pada luka dan tersedak. Dengan ini, Anda lebih siap dan sigap dalam menanganinya, sebelum mendapatkan pertolongan medis.