Bagaimana gejala anemia dan tipes?

ST Info Penanya: ST, Pria, 24 Tahun
Halo dok.. Badan saya lemas wajah saya panas dan kepala saya pusing, yg seperti ini penyakit anemia atau tipes atau penyakit apa ya dok tolong jawabanya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SP

Gejala anemia atau rendahnya kadar hemoglobin (sel darah merah) dalam darah, biasanya tidak khas dan dapat timbul juga pada kondisi klinis lain. Secara umum gejalanya terasa lemas, mudah lelah, sulit konsentrasi, mudah marah, nyeri kepala, kesemutan dan tidak nafsu makan. Lebih jelasnya bisa dibaca di artikel Tidak Hanya Lemas, Gejala Anemia Lain Juga Perlu Anda Kenali.

Gejala tifoid yaitu infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella adalah demam tinggi, mengigau, gangguan pencernaan seperti muntah, diare atau sulit buang air besar. Harus dibedakan dengan infeksi tifus akibat gigitan serangga, lebih jelasnya di artikel Penyakit Tipes dan Penyakit Tifus: Namanya Serupa, Tapi Tidak Sama.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan langsung dengan Dokter agar dapat ditentukan penyebab keluhan Anda serta dilakukan pemeriksaan tambahan seperti laboratorium darah.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala anemia ada beragam, seperti lemas, sesak napas, hilang nafsu makan, hingga kulit menjadi pucat

Tidak Hanya Lemas, Gejala Anemia Lain Juga Perlu Anda Kenali

Gejala kurang darah atau anemia yang selama ini diketahui, umumnya hanya badan terasa lemas. Padahal, gejala anemia tidak hanya itu. Gejala anemia juga bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis anemia yang diderita.