03 Oct 2020, 17:15Jantung

Bagaimana dosis amlodipine untuk orang dewasa?

L
Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dok, amlodipine dosis normalnya berapa yah?
1254 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore L,Amlodipine adalah salah satu obat anti hipertensi yang seringkali digunakan karena cara minumnya yang praktis yakni cukup diminum sehari sekali saja, sehingga lebih besar kemungkinan seseorang untuk patuh dan rutin meminum obatnya.Perihal siapa saja yang membutuhkan amlodipine, tentunya orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi. Karena adanya tekanan darah yang tinggi ini seringkali akan menyebabkan penyakit lain seperti sumbatan pembuluh darah jantung, stroke, gagal ginjal, dll.Mengenai berapa dosis normal amlodipine? Tentunya tergantung berapa nilai tekanan darah Anda. Karena amlodipine memang tersedia dalam 2 dosis yakni 5 mg dan 10 mg. Selain khusus amlodipine, ada beberapa merek obat lain yang di dalam obatnya tersedia campuran amlodipine dengan valsartan yang tujuannya untuk meningkatkan kemampuan obat menurunkan tekanan darah. Obat ini biasanya diberikan bila dengan penggunaan amlodipine 10 mg ternyata tekanan darahnya masih tinggi, sehingga diperlukan kombinasi obat-obat lainnya.

Selain mengandalkan obat-obatan, Anda juga perlu mengontrol tekanan darah Anda dengan cara:

  • Batasi asupan garam.
  • Hindari makanan siap saji dan gorengan yang cenderung kandungan garamnya tinggi. Termasuk makanan kaleng dan daging olahan seperti sosis.
  • Hindari makanan yang diawetkan.
  • Banyak minum air putih.
  • Perbanyak makan labu siam, timun, daun seledri.
  • Hindari konsumsi kopi dan alkohol.
  • Jangan merokok.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
Jaga pola makan dan pola hidup Anda, serta minum obat secara teratur dan periksa tekanan darah Anda secara berkala.Salam sehat,dr. Vina
hipertensitekanan darah tinggistroke
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil